UBAH STRESS MENJADI RILEKS

21 Januari 2016 | Editor : Admin

Kemacetan sudah menjadi pemandangan setiap hari khususnya di kota-kota besar di Indonesia. Menghabiskan waktu dengan membunyikan klakson atau hanya menatap jalanan yang sesak saat terjebak macet malah justru membuat kita menjadi kesal dan stress.  

 

Jika sudah terjadi hal seperti ini, tidak ada lagi yang bisa dilakukan, selain menyibukkan diri mendengarkan radio, musik bahkan mengobrol. Hal seperti ini yang mengakibatkan badan terasa tegang dan setelahnya pegal dan otot menjadi kaku.

 

Daripada semakin stress dan membuat suasana hati semakin tidak nyaman, kita bisa memanfaatkan waktu untuk sedikit meregangkan tubuh sehingga kita lebih rileks saat berkendara.

 

Berdasarkan informasi yang didapatkan dari beberapa riset kesehatan, dengan menggerakkan beberapa organ tubuh saat kemacetan terjadi bisa membuat kita sebagai pengendara ataupun penumpang lebih bugar dan stress mereda. Apalagi relaksasi ringan ini juga berpengaruh di tubuh kita, salah satunya membakar kalori dan melancarkan sirkulasi darah.


 Yuk disimak tipsnya,
Pertama Buatlah tubuh menjadi rileks dan duduk tegak, usahakan leher bahu kanan dan kiri sejajar. Putarlah kepala ke arah kanan dan tahan selama 5detik. Lakukan bergantian ke arah kiri.

 Kedua Masih dalam keadaan duduk dengan tegak dan pandangan mata lurus ke depan. Miringkan kepala ke arah kanan sampai Anda merasakan otot leher meregang. Tahan selama 10 detik. Dan ulangi lagi dari sisi lainnya.

 Ketiga Dengan posisi tetap, putar tubuh ke satu arah. Lakukan selama 7 sampai 8 detik. Ulang dengan sisi berlawanan.

 Keempat Tubuh posisi tegak dan tariklah nafas. Kencangkan perut Anda ke arah tulang belakang. Pastikan punggung tetap lurus. Hembuskan nafas dan lepaskan perlahan perut ke posisi semula. Ulangi 5 kali.

 Kelima Lakukan gerakan push up dengan meletakkan tangan di kemudi bagi pengendara, dan untuk penumpang bisa meletakkan tangan di sandaran kursi yang berada di posisi depan. Luruskan siku, lakukan gerakan menarik dan mendorong. Lakukan dalam hitungan 5. Ulangi selama empat kali.

 Nah, sudah tahu kan bagaimana tips mengatasi kebosanan dan rasa pegal di mobil  karena terjebak kemacetan. Bisa langsung diterapkan ya.