Toyota Hybrid System

28 Maret 2016 | Editor : Admin

Tidak ada sesuatu yang sempurna, yang ada hanya yang lebih baik. Seperti itulah Toyota menggambarkan pengembangan teknologi terbarunya yaitu Toyota Hybrid System. Teknologi tersebut merupakan sebuah teknologi revolusioner yang difokuskan untuk mengurangi polusi, hemat bahan bakar, dan sekaligus memberikan pengalaman yang mengasyikkan dalam berkendara.

Sebelumnya Toyota hadir dengan teknologi eco-friendly yang ramah lingkungan. Karena dinilai masih belum cukup, maka Hybrid System didesain untuk mengurangi konsumsi bahan bakar serta ramah lingkungan karena emisi gas buangnya yang rendah. Toyota Prius adalah mobil hybrid pertama Toyota yang diproduksi secara massal dan diperdagangkan di Jepang pada tahun 1997.

Toyota Hybrid System mengoperasikan pembakaran di mesin untuk meraih efisiensi tenaga yang optimal. Sebagian dari tenaga yang dihasilkan tersebut digunakan untuk menggerakkan roda secara langsung dan sebagian lagi didistribusikan ke generator atau pembangkit listrik. Tenaga yang dihasilkan dari generator kemudian digunakan motor listrik untuk membantu kerja pembakaran di mesin. Singkatnya, sistem hybrid mengoperasikan pembakaran di mesin pada saat puncak performa sedangkan tenaga yang berlebih diubah menjadi energi listrik oleh generator yang nantinya digunakan sebagai energi cadangan di aki.

Ketika Kallafriends mengemudi dengan kecepatan tinggi atau melewati tanjakan, tenaga cadangan dari aki disuplai ke motor listrik untuk membantu kinerja tenaga mobil. Sebaliknya, ketika mobil mengalami perlambatan atau pengereman, sistem hybrid menggunakan tenaga kinetik dari ban untuk mengisi ulang aki melalui motor listrik yang nantinya akan berfungsi sebagai generator seperti semula. Lain halnya ketika mobil berhenti, tidak akan ada tenaga yang terbuang karena secara otomatis motor elektrik dan generator tidak bekerja.

Nah Kallafriends, menarik bukan mobil hybrid dari Toyota yang satu ini. Selain memberi performa yang luar biasa ketika berkendara, mobil tersebut juga sangat efisien dalam mengkonsumsi bahan bakar serta ramah lingkungan karena emisi gas buangnya yang rendah.