Tips Mudah Agar Aki Mobil Awet

03 April 2016 | Editor : Admin

Kallafriends, mungkin pernah mengalami yang namanya aki kering atau aki soak pada mobil. Tak jarang beberapa dari kita masih awam untuk masalah cara merawat aki yang benar. Agar mobil terbebas dari aki yang kering, dibawah ini cara merawat aki mobil yang bisa bermanfaat bagi Kallafriends:
  1. 1.     Sering-seringlah mengecek fitur elektronik sebelum mematikan mesin mobil
Terkadang keringnya aki disebabkan oleh penggunaan daya listrik mobil yang boros, misalnya lupa mematikan lampu mobil atau membiarkan mobil pada posisi netral terlalu lama. Untuk itu, pastikan pemakaian penggunaan peralatan elektronik mobil dengan porsi yang sewajarnya. 
  1. 2.     Jangan lupa untuk memanaskan mobil secara rutin
Apabila Kallafriends jarang menggunakan mobil untuk bepergian, pastikan mobil selalu dipanaskan setiap hari atau minimal dua hari sekali.  
  1. 3.     Bersihkan kotoran yang terdapat pada aki minimal sebulan sekali
Secara berkala, membersihkan kotoran atau bahkan karat yang ada pada bodi aki perlu dilakukan agar penghantaran arus menjadi lancar. Namun, jika Kallafriends tak memiliki waktu untuk membersihkan sendiri, datangi bengkel langganan untuk membantu membersihkannya.
  1. 4.     Cek cairan elektrolit aki
Bagi aki konvensional, ketika cairan elektrolitnya turun, maka kita harus menambahkan air distilasi. Gunanya ialah untuk meningkatkan kembali intensitas elektrolit pada aki. Tapi, harus hati-hati, jangan sampai terkena cipratan yang cukup berbahaya. Sementara jika Kallafriends memakai aki kering, maka kita tak perlu mengisi ulang elektrolit.  
  1. 5.     Periksa kekencangan kabel yang terhubung pada aki
Kabel aki yang kendor dapat mengganggu suplai listrik ke berbagai komponen mobil, akibatnya mobil tidak teraliri daya yang memadai. Untuk itu, cek secara rutin kekencangan kabel yang terhubung ke aki.
  1. 6.     Mengganti aki mobil
Ketahanan aki berlangsung 3 hingga 5 tahun. Jika jadwal penggantian sudah tiba, saatnya mengganti aki dengan yang baru agar tidak terjadi aki soak disaat yang tidak diinginkan.
Bagaimana Kallafriends? Ternyata merawat tidak memerlukan usaha yang rumit dan bisa dilakukan langsung oleh Kallafriends asal berhati-hati. So, biasakan menjaga aki jangan sampai soak yaa…