Tips Merawat Sliding Door

17 Maret 2016 | Editor : Admin

Apakah mobil Kallafriends menggunakan pintu dengan model sliding door? Pintu berjenis geser memang praktis digunakan, namun memerlukan perawatan ekstra. Sliding door yang baik akan bekerja dengan lancar tanpa tersendat-sendat. Ketika mengalami gangguan, sliding door akan menjadi lambat saat bergeser atau bahkan mati karena motornya tidak berfungsi. Pada dasarnya penyebab utama sliding door yang macet adalah kondisi rel yang kurang bersih sehingga menimbulkan karat. Berikut tips merawat sliding door :

Jaga kebersihan rel pintu mobil. Bersihkan rel di bodi mobil dengan menggunakan kuas kering pada posisi pintu mobil tertutup. Setelah itu, semprotkan degreaser atau WD40 spray untuk melarutkan kotoran dan sisa grease (gemuk) yang sudah berkerak. Selanjutnya, usap rel pintu mobil dengan lap bersih. Ulangi beberapa kali hingga Kallafriends yakin rel sliding door telah bersih dan berjalan lancar.

Langkah terakhir adalah melumasi kembali rel sliding door mobil dengan grease. Kallafriends cukup melumasi secara tipis karena jika terlalu banyak maka kotoran dan debu akan lebih mudah menempel. Cara membersihkan rel sliding door tersebut juga dilakukan pada rel bagian bawah di dekat pijakan kaki. Bedanya, pembersihan rel bagian bawah dilakukan pada posisi pintu mobil terbuka.

Selain itu, hal-hal berikut perlu diperhatikan agar sliding door mobil Kallafriends tetap awet :
Pertama, memaksa atau mempercepat laju sliding door saat sedang aktif dapat merusak motor pintu otomatis.

Kedua, apabila mesin mobil Kallafriends mati, jangan posisikan sliding door pada mode otomatis karena menyebabkan pemborosan pada aki.

Ketiga, untuk sliding door otomatis dibuka dengan cara menekan tombol atau menarik pegangan. Namun ketika menarik, jangan diikuti dengan memaksa ke arah belakang.

Keempat, untuk mobil yang memiliki sliding door manual dan otomatis, saat pintu mode manual jangan lakukan membanting pintu dibuka dan ditutup tanpa hentakan. Benturan keras bisa menyebabkan pengait pintu rusak.

Kallafriends, jangan lupa untuk membersihkan rel sliding door secara rutin ya.