Tips Merawat Sabuk Pengaman (Seatbelt)

27 Maret 2016 | Editor : Admin

Salah satu perangkat keamanan dalam mobil yang tidak boleh dilupakan adalah sabuk pengaman. Merupakan kewajiban Kallafriends untuk menggunakan sabuk pengaman ketika mengendarai kendaraan roda empat atau lebih. Meski penggunaannya sederhana, sabuk pengaman tetap harus dirawat secara rutin. Berikut tips merawat sabuk pengaman :

Webbing. Kallafriends harus membersihkan webbing secara teratur setiap kali mencuci mobil. Hal tersebut dikarenakan sabuk pengaman terbuat dari bahan fabric dimana kotoran dan debu mudah sekali menempel. Untuk membersihkannya, Kallafriends bisa menggunakan air sabun hangat dan spons busa. Jangan gunakan detergen karena dapat melemahkan anyaman.

Buckle, latch, loop. Sabuk pengaman yang lengket karena terkena makanan atau minuman dapat dibersihkan dengan menggunakan kapas yang telah dibasahi dengan alcohol. Alcohol juga dapat digunakan untuk membersihkan bagian latch. Sedangkan untuk membersihkan kotoran di dalam slot, Kallafriends bisa menggunakan tusuk gigi atau benda kecil lain yang ujungnya runcing. Selanjutnya semprotkan sedikit spray silicon pada loop untuk memastikan sabuk pengaman dapat dipasang dan dilepas dengan lancar.

Nah Kallafriends, meski sepele sabuk pengaman memerlukan perawatan yang tepat agar awet dan tetap optimal untuk mendukung sistem keselamatan Kallafriends dan keluarga ketika berkendara.