Tips Merawat Mobil Lama

11 Pebruari 2016 | Editor : Admin

Cepatnya perkembangan otomotif terus menghadirkan mobil berteknologi tinggi dengan berbagai fitur dan nilai yang ditawarkan sesuai kebutuhan konsumen. Meski begitu, tidak sedikit juga masyarakat yang lebih memilih bertahan dengan mobilnya yang sekarang karena sudah memiliki memory tersendiri. Lalu bagaimana cara menjaganya agar tetap prima? Berikut tips yang Kallafriends dapat lakukan.
 
Penggantian oli. Untuk memberi perlidungan ekstra pada mesin mobil yang berumur lebih dari 10 tahun, sebaiknya penggantian oli dilakukan setiap 2.500 km agar performa mesin mobil tetap terjaga dan dapat meringankan beban kinerja mesin mobil, terutama pada saat putaran tinggi, di sarankan agar memilih oli dengan jenis kekentalan 10-40 w atau bisa juga 15-40 w.
 
Cek kabel.
Ganti kabel-kabel yang sudah mengelupas. Karena kabel yang mengelupas dapat menyebabkan korsleting di sekitar mesin, atau mengakibatkan mesin tidak dapat dihidupkan. Kerusakan itu juga dapat menyebabkan timbulnya percikan di permukaan kabel, yang dapat menimbulkan kebakaran.
 
Periksa bagian kaki-kaki.
Perhatikan bagian ball joint, tie rod, bushing arm, suspensi, dan karet stabilizer karena penting untuk menjaga kondisi kaki–kaki mobil yang berusia tua agar selalu dalam keadaan prima. Ini juga salah satu cara untuk mencegah terjadinya bunyi  yang tidak Kallafriends inginkan di sekitar bagian chasis mobil Anda.
 
Pengecekan kondisi mesin.
Perhatikan komponen komponen mesin seperti ring, piston, dan karet-karet penyangga serta perhatikan juga bagian sisitem pengapianya jika ada komponen yang rusak atau sudah mulai melemah langsung ganti dengan komponen baru.
 
Gunakan bahan bakar yang berkualitas.  Sebaiknya menggunakan pertamax karena kandungan bahan bakar tersebut bagus untuk menjaga kualitas dan performa mesin mobil sekaligus merawat mesin mobil tetap bersih tidak gampang bocor karena karat yang terkandung dalam bahan bakar premium. Usahakan juga melakukan pengisian yang teratur, karena dapat mencegah terjadinya keropos pada tangki bahan bakar anda.
 
Gunakan cover untuk jok.
Cover tebal untuk jok akan dapat menambah kenyamanan dan menghindari berbagai kotoran yang dapat menodai jok secara langsung.  Cover juga menjaga agar jahitan pada jok tidak mudah lepas.
 
Dengan melakukan tips diatas, Kallafriends akan dapat menjaga performa dan menggunakan mobil tua Anda selayaknya mobil baru.