Tips Merawat Ban Serep

04 Pebruari 2016 | Editor : Admin

Ban serep merupakan salah satu perangkat keamanan penting di mobil. Namun seringkali karena letaknnya yang tersembunyi dan agak sulit dijangkau, Kallafriends lupa untuk mengecek kondisi ban serep tersebut. Padahal ban serep pada mobil juga butuh perawatan agar selalu siap ketika dibutuhkan. Berikut tips merawat ban serep :

Periksa tekanan angin. Lakukan minimal sebulan sekali dengan menggunakan alat pengukur tekanan angin ban. Karena frekuensi penggunaan ban serep ini sangat jarang, sebaiknya naikkan tekanan anginnya hingga 2 psi di atas spesifikasi pabrik. Hal ini untuk mengantisipasi pengempesan secara perlahan akibat penguapan di tempat penyimpanan ban.

Periksa selalu kondisi ban serep. Demi keamanan berkendara, pastikan bahwa kondisi ban serep pada mobil Kallafriends selalu prima. Jika sudah terlalu banyak tambalan dan kembangnya sudah sangat tipis, sebaiknya diganti dengan yang baru, karena kondisi ban serep yang sudah tidak layak untuk digunakan dapat menyulitkan Kallafriends saat harus digunakan pada kondisi-kondisi tertentu.

Semprot dan cuci dengan air sabun. Bagi mobil Kallafriends yang letak ban serepnya berada di kolong, sebaiknnya semprot dan cuci dengan air sabun bersamaan ketika mencuci bodi. Hal itu dilakukan untuk menghilangkan debu kotoran serta air yang dapat memperpendek usia ban.

Nah Kallafriends, jangan lupa untuk selalu mengecek kondisi ban serep secara berkala ya ..