Tips Mengendarai Mobil Matic

13 Maret 2016 | Editor : Admin

Mobil matic mempunyai kenyamanan tersendiri ketika berkendara terutama bagi pengendara wanita. Dengan transmisinya yang otomatis membuat mobil ini tidak terlalu sulit dioperasikan. Meski begitu, mengendarai mobil matic membutuhkan penyesuaian dan pengetahuan bagi Kallafriends yang masih pemula dan yang terbiasa mengendarai mobil manual. Berikut tips mengendarai mobil matic:

Pertama, bagi Kallafriends yang masih pemula diharuskan untuk menghafal posisi dan urutan pada tuas transmisi. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi kesalahan penggantian tuas transmisi ketika mengemudi.

Kedua, mobil matic hanya memiliki 2 pedal yaitu pedal gas dan rem, oleh karena itu Kallafriends harus mulai membiasakan kaki kiri untuk tidak lagi menekan pedal kopling. Jika Kallafriends belum terbiasa, dikhawatirkan secara spontan kaki kiri akan menginjak pedal rem ketika rpm mobil naik dan serasa ingin pindah gigi transmisi jika kaki kiri turut andil dalam pengoperasian pedal.

Ketiga, Kallafriends harus membiasakan menginjak pedal rem terlebih dahulu ketika ingin memindahkan tuas transmisi ke posisi D. Hal ini bertujuan untuk menghindari mobil melaju dengan sendirinya.

Keempat, apabila Kallafriends berada di daerah dengan jalan penuh tanjakan, maka akan lebih baik jika tuas transmisi dipindah pada pilihan 1 atau 2. Dimana 1 yang berada paling bawah sama halnya gigi pertama dan 2 adalah gigi kedua. Cara ini juga bisa digunakan sebagai engine brake ketika jalan menurun dan mengurangi kecepatan ketika melaju kencang.

Kelima, memahami fungsi tombol hold pada tuas transmisi. Di beberapa mobil matic terdapat sebuah tombol kecil bertuliskan hold. Ketika ditekan maka pada layar speedometer akan muncul tulisan kuning O/D. Fitur hold ini sebenarnya adalah penguncian posisi gigi. Tombol dapat dioperasikan / ditekan ketika posisi tuas berada di D dan akan mengunci di gigi 2 dan 3. Fitur ini juga bisa membantu menghemat bahan bakar selama pemakaian di dalam kota.
Untuk bisa mengendarai mobil matic dengan baik diperlukan pembiasaan diri terlebih dahulu. Oleh karena itu Kallafriends, latihan mengemudi yang rutin sangat penting untuk dilakukan.