Tips Mengemudi Di Tanjakan

18 Pebruari 2016 | Editor : Admin

Mengemudi mobil di jalan menanjak tentu saja berbeda dengan mengemudi mobil di jalan datar. Terlebih lagi ketika jalan sedang macet, jarak antara kendaraan yang satu dengan yang lainnya rapat-rapat. Banyak orang bingung bagaimana cara mengemudi mobil di jalan yang menanjak. Karena apabila tidak paham benar caranya, bisa jadi mobil akan mundur dan membahayakan kendaraan lain yang sedang berada di belakang kita. Berikut tips mengemudi di tanjakan agar perjalanan Kallafriends tetap nyaman :
 
Perhatikan tingkat kemiringan jalan. Kallafriends dapat menggunakan gigi 2 atau gigi 3 jika kondisi jalan tidak begitu curam. Namun Kallafriends harus menggunakan gigi 1 jika kondisi jalan sangat curam.
 
Jika dalam keadaan macet ketika di jalan menanjak dan mengharuskan mobil berhenti. Kallafriends dapat menggunakan 3 cara, yaitu cara berhenti menggunakan rem kaki, cara berhenti menggunakan rem tangan, dan cara berhenti menggunakan setengah kopling.
 
Berhenti menggunakan rem kaki. Digunakan apabila mobil akan berhenti dalam jangka waktu yang tidak lama. Caranya dengan menekan agak lama pedal kopling bersamaan dengan menekan pedal rem, maka mobil akan berhenti tanpa mundur ke belakang. Untuk menjalankannya kembali, lepaskan pedal rem kemudian injak pedal gas sambil perlahan-lahan melepas pedal kopling.
 
Berhenti menggunakan rem tangan. Digunakan apabila mobil akan berhenti dalam jangka waktu yang lama. Caranya tarik terlebih dahulu rem tangan mobil, kemudian pindahkan gigi transmisi pada posisi netral. Untuk menjalankannya kembali, pindahkan terlebih dahulu gigi transmisi pada posisi gigi 1, injak pedal gas dan lepaskan secara perlahan pedal kopling, setelah itu baru lepaskan rem tangan mobil.
 
Berhenti menggunakan setengah kopling. Digunakan apabila mobil akan berhenti dalam jangka waktu yang sangat sebentar. Caranya dengan mengombinasikan antara tekanan pada pedal gas dan pedal kopling mobil.
 
Jika menggunakan mobil transmisi otomatis (matic). Caranya adalah dengan menarik rem tangan terlebih dahulu, kemudian telapak kaki menghimpit pedal gas hingga sedikit ada hentakan, barulah lepaskan kembali rem tangan mobil.
Hal yang tak kalah penting ketika mengemudi di tanjakan adalah memperhatikan keadaan rem tangan. Pastikan kondisi rem tangan mobil Kallafriends selalu dalam keadaan prima dan pastikan bobot yang ada dalam mobil tidak melebihi kapasitas sehingga mengurangi tenaga mobil ketika menanjak.