Tips Mengatasi Mobil Overheat

07 Pebruari 2016 | Editor : Admin

Melakukan perjalanan panjang dengan medan yang menanjak, membawa beban berat, dan lain-lain membuat mesin terus bekerja untuk waktu yang cukup lama dan memungkinkan mobil mengalami overheat. Overheat merupakan satu keadaan dimana temperatur kerja mesin ada diatas suhu normal yang mengakibatkan mesin mati bahkan tidak mau berjalan lagi. Gejalanya yaitu meningkatnya suhu pada pengukur temperatur mesin, mobil kekurangan tenaga, adanya suara pada mesin mobil, terlihat uap air tebal yang keluar dari kap mesin.
 
Jika Kallafriends tiba-tiba mengalami kondisi tersebut, jangan panik dan lakukan langkah-langkah berikut :
 
Hentikan atau tepikan mobil. Cari tempat yang cukup aman dan nyalakan lampu darurat. Posisikan kopling mobil pada posisi N (mobil manual) dan P (mobil matic), matikan komponen kelistrikan yang tidak diperlukan seperti AC dan Audio, kurangi RPM (nyalakan mesin pada putaran rendah saja sambil mengurangi kinerja mesin, jika ingin lebih cepat mendinginkan mobil bisa mematikan mesin)
 
Terlihat asap keluar dari kap mesin. Jika hal ini yang terjadi matikan mesin dan jangan buka dahulu sebelum asapnya habis karena berbahaya jika mengenai bagian tubuh Kallafriends.
 
Cek air radiator. Jika air radiator diketahui berkurang maka isilah sampai penuh dengan air yang bersih karena air yang kotor beresiko menyumbat saluran-saluran dalam radiator. Namun perlu diingat untuk tidak membuka tutup radiator saat panas karena kemungkinan memuntahkan air panas dalam tekanan tinggi (tunggulah barang 15 sampai 20 menit).
 
Cek motor dynamo. Jika masalah pada kipas, misalnya putarannya lebih lambat dibanding putaran normal atau bahkan tidak berputar sama sekali maka perbaiki jika bisa (cek saja secara fisik apakah ada yang menghambat putaran kipas misalnya ada kotoran pada kipas, coba bersihkan).
 
Setelah dirasa masalah sudah diatasi, coba hidupkan mobil dan Kallafriends pun dapat melanjutkan perjalanan.
 
Drive save Kallafriends..