Tips mengatasi mobil mogok karena banjir

25 September 2016 | Editor : Dede Taufik

Musim penghujan telah tiba, cuaca yang buruk dapat menghalangi Kallafriends dalam beraktivitas sehari-hari. Intensitas hujan yang terus meningkat mengakibatkan beberapa kondisi jalan tergenang air atau malahan banjir. Apakah Kallafriends pernah nekat dan menerjang banjir tersebut? Jika pernah dan berhasil, berarti mobil kallafriends cukup tangguh, tapi jika mogok? Nah bisa gawat, Kallafriends sebaiknya simak tips berikut jika mobilmu mogok saat banjir.

  • Jangan Panik

Kepanikan memperparah kondisimu Kallafriends, ambil nafas yang panjang sebelum mengambil tindakan selanjutnya.

  • Stater 3-5 kali

Jika mobilmu tiba-tiba mogok, coba stater ulang 3-5 kali, jika tetap tidak nyala, jangan dipaksakan ya Kallafriends.

  • Minta bantuan warga

Tidak ada salahnya meminta bantuan warga untuk mendorong mobil kamu ke tempat yang lebih kering dan tidak tergenang air.

  • Cek busi dan kabel busi

Segera cabut kabel busi dan lihat ke bagian busi dan kabel busi tersebut apakah juga kemasukan air. Jika melihat air di bagian tersebut, buka juga bagian distributor dan bersihkan kembali semua bagian hingga benar-benar kering.

  • Cek filter udara

filter udara ini berfungsi sebagai penyaring dan pembuang debu dari udara yang akan masuk ke mesin. Jika  filter udara anda basah, maka mesin mobil mati, kalaupun dapat hidup maka kinerja mesin tidak maksimal.

 

Jika mobil kamu tetap tidak dapat menyala, kemungkinan ECU (Electronic Control Unit) mobil kamu telah mengalami korsleting, segera hubungi Emergency Car untuk menderek mobil kamu ke bengkel resmi untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Jangan ragu menghubungi TMC (Toyota Mobile Care) atau DMC (Dyna Mobile Care) jika fasilitas tersebut tersedia di Kotamu.

 

Tetapi jika mobil kamu menyala, segera cek fungsi dan fitur dari mobil kamu. Terutama fitur penting seperti sistem pengereman dan kelistrikan. Rem yang terendam air cenderung mengalami kerusakan pada beberapa komponennya. Jadi sebelum melanjutkan perjalanan, maka ada baiknya untuk memastikan rem dapat digunakan.

 

Meski anda dapat menghidupkan kembali mobil anda, jangan tunda untuk segera ke bengkel resmi. Hal ini untuk melakukan pengecekan secara keseluruhan setelah mobil terendam banjir. Khawatirnya ada part mobil yang rusak namun belum terdeteksi. Minta montir untuk lebih teliti di bagian kelistrikan dan pengereman.

Menerjang banjir bukanlah pilihan yang baik Kallafriends. tapi jika terpaksa, ada baiknya kallafriends memahami cara berkendara melalui genangan air atau banjir dengan aman serta penanganan yang tepat jika mobil mogok karena melewati genangan air tersebut.