Tips Membersihkan Jok Mobil

10 Maret 2016 | Editor : Admin

Kallafriends seringkali mengalami kesusahan ketika membersihkan jok mobil? Pergi ke tempat pencucian mobil tentu cara yang praktis. Namun tak ada salahnya jika Kallafriends mencoba untuk membersihkan sendiri jok mobil kesayangan. Selain dapat menghemat kocek, Kallafriends juga tak perlu menunggu waktu lama untuk langsung menangani kotoran yang tak diinginkan.
Beda tipe jok mobil, berbeda pula penanganannya. Berikut adalah langkah-langkah membersihkan jok mobil dengan cairan pembersih yang tersedia di rumah.
  • Cara Membersihkan Jok Berbahan Dasar Kulit
  1. Siapkan alat dan bahan: Kain bersih, ember, air, vacuum cleaner, dan cairan pembersih/deterjen cair, cairan conditionerkhusus jok kulit.
    1. Bersihkan debu dan remah-remah kotoran pada jok dengan penyedot debu.
    2. Setelah jok mobil bersih pastikan untuk membersihkan residu deterjen pada jok dengan kain lembut yang dibasahi dengan air bersih.
    3. Gunakan cairan deterjen yang lembut untuk membersihkan jok kulit. Tuangkan cairan pembersih ke dalam ember/botol spray yang telah diberi air. Semprotkan ke jok secara parsial lalu usap dengan lap bersih.
    4. Semprotkan cairan khusus untuk merawat jok berbahan kulit, kemudian lap lagi hingga kering.
 
  • Cara Membersihkan Jok Berbahan Dasar Sintetis
  1. Siapkan alat dan bahan: Air, lap bersih, ember/botol spray, vacuum cleaner dan cairan pembersih/deterjen cair.
  2. Bersihkan debu dan remah-remah kotoran dengan vacuum cleaner.
  3. Isi ember/botol spray dengan air dan cairan pembersih/deterjen cair. Kemudian semprotkan pada jok secara parsial.
  4. Lap dengan kain bersih hingga kering.
 
  • Cara Membersihkan Jok Berbahan Dasar Beludru
  1. Siapkan alat dan bahan: Sikat lembut, kain bersih, ember, air, vacuum cleaner, dan cairan pembersih/deterjen cair.
  2. Bersihkan debu dan remah-remah kotoran jok dengan vacuum cleaner.
  3. Semprotkan deterjen cair yang telah dicampur air ke permukaan yang diinginkan atau tepat pada titik noda. Sikat bagian yang telah disemprot dan lakukan secara parsial atau per bagian.
  4. Lap dengan kain bersih dan jemur di bawah terik matahari. Jika tidak memungkinkan buka semua pintu mobil agar bisa diangin-anginkan.
 
  • Cara Membersihkan Jok Berbahan Dasar Kain
  1. Siapkan alat dan bahan: Air hangat, spons, kain bersih, ember, air, vacuum cleaner, dan cairan pembersih/deterjen cair.
  2. Bersihkan debu dan remah-remah kotoran pada jok dengan penyedot debu.
  3. Isi ember dengan air hangat dan cairan pembersih/deterjen cair.
  4. Rendam spons ke dalam ember. Kemudian, peras spons dan usapkan pada jok mobil. Hindari mengusap jok mobil hingga terlalu basah agar jok lebih cepat dikeringkan.
  5. Setelah jok bersih, basahi handuk dengan air dingin. Bersihkan sisa-sisa deterjen yang masih terdapat di jok. Lalu keringkan di bawah terik matahari atau angin-anginkan.
Kallafriends, ternyata membersihkan jok sendiri mudah bukan? Tunggu apa lagi, segera praktekkan pada mobil kesayangan Anda. Selamat mencoba!