Tips Memarkir Mobil Secara Paralel

31 Maret 2016 | Editor : Admin

Kallafriends pasti pernah menemukan situasi dimana Kallafriends harus memarkir mobil secara parallel. Parkir paralel seringkali dianggap sulit oleh beberapa pengguna mobil, terutama bagi pemula. Namun sebenarnya parkir paralel tidaklah sulit jika Kallafriends tahu teknik yang benar. Berikut 5 langkah mudah untuk memarkir mobil secara paralel.
  1. 1.     Cari lokasi parkir yang sedikit lebih luas untuk posisi massuk dan keluar mobil.
Ketika Kallafriends berkunjung ke lokasi yang memungkinkan parkir paralel, cobalah untuk memilih parkir kosong yang tidak terlalu sempit agar memudahkan Kallafriends pada posisi memasukkan dan mengeluarkan mobil dari space kosong tersebut.   
 
  1. 2.     Posisikan mobil sejajar dengan mobil lain yang berada didepan space kosong.
Bergeraklah maju hingga mobil kurang lebih sejajar dengan mobil yang ada di depan space parkir. Ketika sudah sejajar, mobil berada pada posisi yang benar dan siap untuk masuk ke space parkir.
 
  1. 3.     Belokkan mobil hingga membentuk posisi serong dan siap untuk mundur.
Injak pedal gas dan putar kemudi 45 derajat dari posisi semula. Maju sedikit hingga mobil berada pada posisi serong dan kemudi lurus. Jika posisi serong sudah didapat, tak perlu memutar setir lagi untuk masuk ke space parkir, cukup mundur lurus saja.
 
  1. 4.     Mundurlah hingga sebagian besar mobil masuk pada space kosong
Pindahkan gigi ke posisi R untuk mundur dan memasuki space parkir. Gas perlahan hingga mobil sudah tiga perempat space parkir. Putar kemudi untuk meluruskan mobil.    
 
  1. 5.     Setelah seluruh bodi mobil sudah berada pada space parkir, maju atau mundur sedikit untuk meluruskan posisi mobil, Selesai! 
Sekarang Kallafriends sudah berada pada posisi aman. Injak pedal gas perlahan untuk memajukan dan memundurkan mobil hingga berada pada posisi yang pas. Beri sedikit jarak pada mobil di depan dan belakang mobil Kallafriends. Arahkan ban dan kemudi kearah yang berlawanan dengan tepi jalan jika jalanan menanjak. Sementara arahkan posisi ban dan kemudi kearah mendekati tepi jalan jika jalanan menurun. Nah, mobil sudah terparkir paralel, mudah bukan?