Tips Hemat Bahan Bakar oleh Kalla Toyota

12 Juli 2016 | Editor : Dede Taufik

Semakin naiknya harga bahan bakar apakah membuat Kallafriends khawatir untuk menggunakan mobil pribadi sebagai kendaraan sehari-hari? tapi jika manfaat menggunakan mobil sudah terlalu besar bagi Kallafriends, jangan khawatir karena kamu dapat tetap berhemat saat berkendara menggunakan mobil pribadi dengan tips ini.

Jika Anda mengemudikan mobil dengan mesin hemat bahan bakar seperti Toyota Agya dan Grand New Avanza atau Anda mengemudikan mobil hybrid seperti Toyota Camry. Mobil dari jenis ini dianggap sangat efisien dalam menggunakan bahan bakarnya dan bahkan mampu menyimpan tenaga sisa pengereman untuk digunakan lagi nantinya.

 Aturan yang pertama adalah cara berkendara yang efisien, jangan terlalu cepat dalam berkendara (ngebut). Mengemudi dengan cara ngebut bukan saja membahayakan keselamatan pengendara dan pengguna jalan lain, namun juga bahan bakar mobil. Ketika Anda ngebut, akan ada kalanya Anda harus mengerem mendadak. Saat melakukan pengereman mendadak inilah akan banyak energi yang terbuang sia-sia dan menyebabkan mobil mengkonsumsi lebih banyak bahan bakar.
“Kecuali jika mobil Anda adalah jenis hybrid, Anda bisa tenang karena energi sisa pengereman akan disimpan di baterai mobil untuk digunakan lagi nantinya.” ungkap Aswan Amiruddin, Marketing Manager Kalla Toyota.
Pada beberapa mobil Toyota, ECO indicator dapat membantu untuk mengetahui apakah Kallafriends sudah berkendara dengan hemat.

Berikutnya adalah selalu perhatikan kondisi mesin. Dengan selalu menjaga kondisi mesin dengan baik, Anda akan mendapatkan performa mobil yang maksimal. Sistem pembakarannya pun akan lancar dan mesin tak akan mengkonsumsi bahan bakar secara berlebihan.

Menjaga kondisi mesin dan bagian penting dari mobil selalu menjadi saran utama setiap pecinta otomotif. Hal ini karena mobil tidak bisa menjaga dan merawat diri sendiri, Anda lah yang harus selalu memperhatikan kondisinya dan melakukan perawatan rutin.