Tips Aman Mengendarai Mobil Saat Musim Hujan

19 Desember 2018 | Editor : Putri Atika

Berkendara pada kondisi jalanan basah, jelas lebih sulit dibandingkan kering. Gangguan di sekitar menjadi lebih besar, seperti terdistorsi oleh air hujan, belum lagi saat visibilitas menjadi terbatas karena kabut dan yang lain sebagainya. Demi menjaga keamanan dan keselamatan bersama, para pengemudi juga harus bersikap lebih hati-hati lagi. Jika tidak disiplin, maka kemungkinan atau peluang untuk terjadi hal yang tidak diinginkan juga semakin besar. Kecelakaan bisa terjadi karena faktor internal dan juga eksternal. Pengendara bisa mengurangi kecepatan pada saat hujan turun, atau jaga jarak aman dengan kendaraan yang ada di depan atau di sekelilingnya. Selain itu, pemilik mobil juga wajib melakukan pengecekan tapak ban, dan pastikan dalam kondisi normal. Sebab, jika tidak, akan menjadi licin dan bisa menyebabkan terjadinya kecelakaan lalu lintas.


Bukan hanya bencana alam saja, musim hujan juga mengundang bahaya di jalan raya. Hal ini yang disebabkan oleh jalanan yang menjadi lebih licin, belum lagi lubang yang ada di jalan yang tidak terlihat karena tertutup oleh genangan air. Buktinya saja, angka dalam kecelakaan di jalan raya biasanya juga meningkat. Kecelakaan ini terdiri dari kecelakaan tunggal dan kecelakaan yang melibatkan orang lain. Kalau sudah begini, tentu Anda dan orang yang ada di sekitar juga akan merasa rugi. Berikut tips aman mengendarai mobil saat musim hujan :


1. Kendaraan juga Harus Siap Sebelum Digunakan Saat Hujan

Kesiapan kendaraan yang menjadi salah satu faktor utama harus disiapkan pada saat musim hujan datang. Jangan hanya asal bisa jalan, anda juga harus memperhatikan hal-hal berikut ini:

- Periksa Kondisi Semua Ban Mobil
- Periksalah Semua Lampu Mobil
- Periksa Kontrol Utamanya (Kemudi, Pedal Gas, Pedal Rem, dan Kopling)


2. Perhatikan Aturan Berkendara saat Hujan

Semua orang tentu sudah tahu kalau berkendara pada saat hujan membutuhkan kehati-hatian ekstra. Meskipun demikian, masih ada orang yang berpikir kalau hati-hati itu berarti “tidak ngebut” dan “waspada memperhatikan sekitar”. Kalau Anda juga masih berpikir demikian, berarti Anda belum memahami apa yang dimaksud dengan “berhati-hati berkendara saat hujan”. Beberapa cara yang ada di bawah ini memang terkesan sederhana, namun dapat menyelamatkan nyawa anda dan keluarga saat berada di jalan raya pada saat hujan.

- Jangan Mengebut
- Nyalakan Lampu Bagian Depan dan Belakang Mobil
- Jangan Gunakan Lampu Hazard!
- Jaga Jarak Aman Berkendara


3. Wajib Berhenti Jika Hujan Terlalu Deras

Satu hal yang perlu diperhatikan, jangan melanjutkan perjalanan jika hujan turun terlalu deras. Meskipun semua cara yang diatas sudah dilakukan, memaksakan untuk melanjutkan perjalanan saat hujan deras adalah langkah yang salah. Ketika hujan turun sangat deras, menyalakan lampu juga terkadang membuat pandangan kita menjadi tetap tidak fokus. Saat wiper sudah tidak bisa menjaga kaca mobil kembali jernih, apa yang harus dilakukan?

Wajib Menepi.

Tidak ada salahnya anda untuk menepi sejenak sambil menunggu hujan reda dan kondisi jalan menjadi membaik. Jangan menepi di bawah pohon karena hal ini juga sangat berbahaya sekali. Ketika hujan turun sangat deras, biasanya disertai juga dengan angin yang kencang. Tak jarang banyak ranting atau pohon tumbang saat kondisi seperti ini. Lalu, di mana tempat untuk menepi? Anda bisa memilih menepi di restoran dan cafe. Yang kedua tempat ini memungkinkan anda untuk bersantai sejenak dan keluar dari mobil. Tempat pilihan yang lainnya adalah pom bensin atau area peristirahatan yang terdekat. Kalau memang terpaksa untuk menepi di tepi jalan, usahakan untuk menyalakan lampu hazard untuk memberi tahu oleh pengendara yang lain bahwa anda sedang menepi. Tidak perlu menunggu sampai hujan benar-benar reda. Anda bisa kembali lagi melanjutkan perjalanan ketika kondisi cuaca sudah mulai membaik.