Teknologi VVT-i

07 Maret 2016 | Editor : Admin

Bagi Kallafriends yang memiliki mobil Grand New Avanza dan Grand New Veloz pasti tidak asing lagi dengan emblem VVT-i yang terdapat di samping atau di belakang mobil tersebut. Sebenarnya apa itu VVT-i dan bagaimana cara kerjanya pada mobil yang Kallafriends kendarai?

VVT-i (Variable Valve Timing with intelligence) adalah teknologi pengatur buka tutup katup (valve) yang mulai diperkenalkan oleh Toyota pada tahun 1966. Teknologi ini memiliki tiga varian, yaitu VVTL-i (Variable Valve Timing and Lift-intelligence), Dual VVT-i, VVT-iE (Variable Valve Timing-intelligence by Electric motor), dan Valvematic.

Mekanisme kerja VVT-i cukup sederhana. Untuk menghitung waktu buka tutup katup (valve timing) secara optimal, ECU (Electronic Control Unit) akan mengatur kecepatan mesin, volume udara masuk, posisi throttle dan suhu air. Melalui sensor posisi camshaft dan crankshaft yang memberi sinyal respon koreksi, secara otomatis teknologi ini akan mengoreksi jalur keluar masuk bahan bakar dan udara yang disesuaikan dengan injakan pedal gas untuk menghasilkan torsi yang optimal di setiap putaran roda.

Dengan cara kerja yang simple, teknologi VVT-i mampu membuat mesin mobil lebih efisien dan bertenaga di setiap putaran, karena sistem kerja katup mendukung proses pembakaran yang lebih efektif. Selain itu, teknologi ini menghemat bahan bakar dan ramah lingkungan karena emisi gas buang yang dihasilkan lebih rendah dan bersih.
Teknologi VVT-i juga unggul dalam meminimalkan biaya pemeliharaan karena tidak memerlukan tune-up. Meski begitu, Kallafriends harus tetap melakukan service berkala, karena mesin dengan teknologi VVT-i memerlukan diagnosa komputer khusus yang hanya tersedia di bengkel resmi Toyota.

Dengan adanya teknologi VVT-i, kini Kallafriends lebih nyaman berkendara tanpa perlu khawatir lagi akan borosnya bahan bakar.