Teknologi pengereman ABS dengan EBD

29 Agustus 2016 | Editor : Dede Taufik

Kallafriends sudah tau belum fitur keamanan pengereman pada kendaraan Toyota? yap, dikenal dengan singkatan ABS (Anti-Lock Brake System) juga EBD (Electronic Brake Distribution), Yuk cari tau Kallafriends mengenai fitur tersebut.

Fitur pengereman (brake) pada mobil merupakan hal yang sangat penting. Tujuan utama dari pengereman adalah untuk mengurangi kecepatan, tapi ternyata berbagai macam faktor dalam pengereman dapat berakibat kecelakaan salah satunya resiko ban terselip.

Bila roda-roda menjadi terkunci saat rem diberikan, ABS menggunakan komputer untuk mengatur tekanan hidrolik yang diberikan pada silinder-silinder roda dan piston rem piringan. Dengan cara mencegah agar roda-roda tidak terkunci, sistem ini mencegah agar kendaraan tidak tergelincir atau menjadi tidak stabil.

Sebagai tambahan bagi fungsi ABS, ABS dengan EBD mendistribusikan daya pengereman yang tepat diantara roda-roda depan dan belakang, dan diantara roda-roda kanan dan kiri sesuai dengan kondisi pengendaraan .

Sistem ini mengatur daya pengereman roda-roda depan dan belakang sesuai dengan beban pada kendaraan, atau fluktuasi beban yang berkaitan dengan deselerasi. Selanjutnya, sistem ini mengatur daya pengereman roda-roda kanan dan kiri selama menabrak.

Jadi Kallafriends, sebelum membeli mobil, pastikan fitur-fitur keselamatan tersemat baik pada kendaraanmu ya.

Sumber : http://www.toyota.astra.co.id/technology/safety/#abs-dengan-ebd-electronic-brake-force-distribution