Pahami Cara Kerja SRS Airbag

08 Maret 2016 | Editor : Admin

New Toyota Rush kini hadir dengan desain dan fitur baru. Selain desain eksterior dan interior yang lebih gagah dan sporty, safety sistem juga menjadi perhatian utama Toyota ketika meluncurkan mobil SUV medium terbarunya ini. Fitur keselamatan juga semakin disempurnakan dengan adanya Dual SRS Airbag. Apakah SRS Airbag itu dan bagaimana cara kerjanya pada mobil New Toyota Rush ini?

SRS (Supplemental Restraint System) Airbag adalah sistem keamanan pasif untuk pengemudi & penumpang yang berfungsi meminimalkan cidera serius ketika terjadi benturan atau tabrakan dengan cara melindungi daerah kepala, leher dan dada. SRS airbag kebanyakan keluar dari kemudi dan dashboard mobil. Ketika mendeteksi benturan atau tabrakan, sensor pada mobil mengirimkan sinyal ke modul kontrol yang akan membuat airbag mengembang.

Ketika terjadi kecelakaan, akan terjadi reaksi kimia dalam inflator yang akan mengisi airbag dengan gas tidak beracun sampai mengembang. Ketika kepala pengemudi telah mengenai airbag, secara perlahan airbag akan mengempis sehingga memungkinkan pengemudi untuk keluar dari mobil.

Pada dasarnnya teknologi airbag pada mobil dirancang agar mengembang hanya pada kondisi tertentu. Ada baiknya Kallafriends membaca dengan seksama buku manual yang sudah disediakan untuk mempelajari lebih lanjut fungsi serta cara kerja airbag, dan tetap menjaga keselamatan ketika mengemudi dengan selalu menggunakan seatbelt.