Mobil Tergelincir? DON’T PANIC!

25 Januari 2016 | Editor : Admin

Kallafriends pernah mengalami tergelincir / hydroplaning? Apa yang sebenarnya terjadi? Tergelincir adalah situasi dimana pengemudi kehilangan kendali akan setir mobil karena laju yang kencang di jalanan yang basah. Saat itulah mobil melayang karena terbentuknya lapisan air di antara permukaan jalan dan ban. Hal ini terjadi karena beberapa faktor, selain tingginya laju mobil di jalanan yang basah, menyalanya fitur Cruise Control dan pengaturan gigi yang terlalu tinggi juga menjadi penyebabnya.
 
Dan jika hal ini tidak dapat terhindari, ada beberapa hal yang dapat dilakukan Kallafriends untuk mendapatkan control kemudi kembali:
 
Pertama, tetap tenang dan tunggu hingga mobil berhenti tergelincir.
Mobil akan terasa tidak terkontrol dan reflek anda akan mengakibatkan anda melakukan sesuatu yang ceroboh. Tetaplah konsentrasi untuk tidak injak rem atau putar kemudi, karena ini bisa semakin membuat anda kehilangan kontrol.
 
Kedua, jauhkan kaki dari pedal gas.
Jangan tekan gas saat tergelincir karena Kallafriends akan semakin kehilangan control kemudi. Jika anda sedang mengerem, lepaskan rem sedikit sampai mobil berhenti. Lepaskan kopling jika mobil Kallafriends manual.
 
Ketiga, Arahkan mobil dengan hati-hati ke arah yang benar.
Pegang setir dengan erat dan putar dalam putaran kecil. Jangan berbelok terlalu tajam atau terlalu banyak. Karena dengan menggerakkan kemudi ke kanan dan kekiri akan membuat mobil berputar tanpa kendali.
 
Jadi apapun yang terjadi, tetaplah tenang dan konsentrasi ya.
Have a safety drive Kallafriends.