Mengenal Jenis Kaca Yang Digunakan Pada Panoramic Roof Toyota

08 Juni 2015 | Editor : Admin

Mobil modern kini tak hanya dikonsep aman saja, namun juga nyaman dengan dilengkapi teknologi canggih.

Faktor keindahan desain dari mobil modern pun juga dijadikan prioritas karena merupakan unsur penambah nilai dan minat konsumen. Salah satu fitur penambah kecantikan desain mobil yang mulai populer adalah penambahan panoramic roof.

Para agen pemegang merek (APM) pun mulai ramai memasarkan mobil dengan fitur tambahan ini. Jika dahulu panoramic roof ini hanya mampu dijumpai pada mobil mewah dengan harga tinggi saja.

Kini, fitur panoramic roof sudah bisa dinikmati pada mobil dengan harga di atas Rp. 300 jutaan. Sangat ekonomis ketimbang mobil mewah dengan harga selangit.

Hingga kini, panoramic roof menggunakan dua jenis kaca yakni tempered dan laminated. Kedua jenis kaca ini memiliki karakter yang berbeda dalam memberikan perlindungan terhadap pengendara dan penumpang mobil.

Kaca laminated pada panoramic roof merupakan panduan 2 kaca yang mengapit PVB (Poly Viny l Butyral) dengan ketebalan rata-rata 0.76 cm. Sementara ketebalan dari kedua lapisan kaca ini masing-masing 2 mm. Lapisan PVB dijadikan pengikat kedua lapisan kaca dan ada pula yang dijadikan sebagai penguat dari kaca itu sendiri. Meski tanpa lapisan PVB, kekuatan masing-masing lapisan akan sama saja dengan kaca biasa.

Kaca jenis laminated digunakan pada bagian kaca depan mobil. Jenis kaca ini akan mampu meredam benturan dan menjaga lapisan sulit ditembus.

Keuntungan dari kaca laminated adalah sifat pecah kaca yang tak akan menghambat visibilitas. Jika pecah, kaca ini hanya akan retak bergaris dan bukannya berbentuk seperti butiran jagung.

Sedangkan kaca tempered digunakan pada sisi mobil belakang dan memiliki kekuatan 5 kali lebih kuat dibandingkan jenis laminated. Kaca tak akan pecah dipukul benda keras dan hanya memantulkan pemukul tersebut. Namun kaca akan pecah jika dihantam benda tajam sedalam 1/6 dari ketebalannya. - See more at: http://www.toyota.astra.co.id/corporate-information/news-promo/news/mengenal-jenis-kaca-yang-digunakan-pada-panoramic-roof-toyota/#news