Mencuci Mobil, Jangan Anggap Enteng!

22 Januari 2016 | Editor : Admin

Hujan membuat kendaraan menjadi kotor. Ditambah dalam keadaan kering, debu dan kotoran menempel di badan mobil yang membuat mobil kesannya tidak terawat. Tidak hanya peduli pada tampilan mobil, untuk mesin dan komponen mobil juga akan berakibat buruk jika dibiarkan terendam air hujan yang biasanya juga bercampur pasir. Untuk mengatasi itu semua,bisa dengan sering mencucinya.

 

Memang sebagian orang merasa malas untuk melakukan kegiatan mencuci mobil. Apalagi saat liburan. Selain beranggapan itu membosankan, aktivitas tersebut bisa diberikan ke jasa pencuci mobil. Tinggal menunggu, membayar dan mobil sudah terlihat bersih. Namun, bagaimana jika kita tidak begitu jeli melihat cara mencucinya, alih-alih kesalahan sepele justru malah membuat mobil menjadi berakibat fatal.

 

Berikut kesalahan sepele yang biasanya dilakukan saat mencuci mobil.

  • Mencuci di bawah terik matahari

Sangat tidak dianjurkan mencuci mobil dibawah terik matahari karena butir-butir air akan menjadi fokus matahari untuk menyalurkan energi panasnya yang mengakibatkan cat mobil akan lebih cepat memudar.

  • Tidak menggunakan sabun khusus mobil

Setiap sabun memiliki PH yang berbeda – beda, PH yang tidak sesuai dengan cat mobil dapat menghilangkan wax dari mobil.

  • Menggunakan 1 wadah air

Menggunakan satu wadah berarti mengambil sabun dan membilas dari ember yang sama. Hal ini mengakibatkan bercampurnya kotoran justru akan merusak cat mobil.

  • Menggunakan langsung sponge yang jatuh tanpa dibilas dahulu

Ketika jatuh, maka sponge akan mengangkat kotoran dari bawah yang dapat membuat mobil menjadi baret-baret ketika sponge digunakan.

  • Pengeringan tidak sempurna

Ketidak sempurnaan dalam mengelap mobil dapat menimbulkan bercak noda yang tidak mudah dihilangkan.

 

Beberapa point diatas menjadi hal yang wajib untuk diperhatikan. Tidak ada salahnya untuk mencoba dan menjadi detektif untuk kendaraan kesayanganmu.