Meet The Legendary Toyota Kijang

10 Pebruari 2016 | Editor : Admin

Kalau ditanya salah satu tipe kendaraan paling legendaris di Indonesia, apa yang terpikirkan oleh Kallafriends? Pasti Toyota Kijang kan...
Varian yang lahir di Indonesia ini diawali dengan model Prototype yang diperkenalkan dalam acara Jakarta Fair tahun 1975 dan berlanjut pada tahap produksi di tahun 1977. Selama hampir 40 tahun Kijang hadir di sekitar kita dan menjadi all time favorit keluarga. Dalam kurun waktu yang lama itu Kijang pun bertransformasi hingga sekarang. Apa saja transformasinya?
 
Dimulai dari generasi pertama, Kijang Buaya (1977-1980)
Disebut Kijang Buaya karena kap mesin yang digunakan bentuknya bisa dibuka sampai bagian sampingnya. Jadi kalau dilihat seperti mulut buaya yang menganga. Mesin yang digunakan oleh kijang buaya ini mirip seperti yang digunakan oleh Toyota Corolla saat itu, yang berkapasitas 1200 cc 4 kecepatan , berkekuatan 55 HP.
 
Kijang generasi kedua, Kijang Doyok (1981-1985)
Pada tahun 1981, Kijang generasi kedua ini masih berupa mobil pick-up. Perubahan yang terlihat ada pada tampilan kap mesin yang hanya membuka di bagian atas moncong dan mesin diupgrade menjadi 1300cc.
 
Namun, pada tahun 1985, TAM (Toyota Astra Motor) mengubah bodinya lebih halus, letak engsel pintu yang tersembunyi, grill dan permukaan pintu sejajar bodi ditambah serta mengubah mesinnya menjadi 1500cc. Tampilannya pun berubah menjadi versi minibus. Inilah awal Kijang mulai digunakan sebagai mobil keluarga.
 
Kijang generasi ketiga, Kijang Super (1986-1996)
Mobil sudah menggunakan teknologi Full Pressed Body dengan bentuk fisik yang lebih indah, tidak lagi berupa sudut-sudut kaku. Demikian pula kaca depannya mulai melengkung seperti kaca sedan.
 
Pada generasi ini terdapat 2 tipe, Standard Kijang dengan model short wheelbase (KF40 series) dan transmisi 4 percepatan manual. Sedangkan Super Kijanghadir denganlong wheelbase (KF50 series) yang memanfaatkan 5 percepatan manual.
 
Selanjutnya, pada 1992, Toyota kembali meluncurkan model baru yang disebut Kijang Grand Extra yang hadir dengan teknologi Toyota Original Body, menjadikannya sebagai minibus pertama dengan kualitas bodi sedan. Bagian eksterior juga semakin modern dan dinamis, ditunjang dengan perubahan interior seperti desain dashboard baru dan AC double blower. Selain itu, terdapat pula penyempurnaan pada karburator.
 
Dan pada 1995, terdapat penyempurnaan dari Kijang sebelumnya, terutama pergantian mesin dari 5K 1.500 cc menjadi 7K 1.800 cc. Dari segi eksterior juga dibedakan dengan hadirnya grille tegak.
 
Kijang generasi keempat, Kijang Kapsul (1997-2004)
mobil tampil lebih aerodinamis dengan lekukan yang lebih halus. Dan untuk pertama kalinya, Kijang hadir dalam varian diesel dan transmisi otomatis. Mesin dieselnya pun sanggup memberikan keiritan BBM hingga 14 Km/liter.
 
Kijang generasi kelima, Kijang Innova (2005-2013)
Pada tahun 2004 Toyota mengeluarkan generasi kelima dari Kijang yaitu Toyota Kijang Innova. Dengan kata "Innova" dirujuk dari kata "Innovation" atau yang artinya inovasi. Tagline pada Kijang Innova ini adalah "Beautiful [R]evolution".
 
Kijang generasi kelima dikategorikan sebagai kendaraan kelas menengah MPV yang tampil lebih mewah dengan mesin berteknologi VVT-i, diesel common rail, hingga multi information display dan airbag. Kijang Innova juga memiliki fleksibilitas kabin ala MPV modern di mana jok baris ketiga bisa dilipat menyamping ke arah jendela, dengan yang baris kedua digulingkan sehingga kapasitas bagasi mampu menampung lebih banyak.
 
Kijang generasi keenam, Kijang All New Innova (2015)
Hadir dengan konsep tough untuk memberikan kesan gagah pada sebuah MPV tanpa melupakan DNA Kijang Innova yang legendaris dengan memberikan fasilitas kenyamanan dan keamanan yang lebih.
 
Menghadirkan 2 varian mesin yaitu diesel 2.4L DOHC dan bensin 2.0L DOHC VVT-I untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang beragam. Selain itu Kijang All New Innova juga dibekali dengan ‘senjata’ super lengkap di bagian fitur. Mulai keselamatan hingga kenyamanan, Toyota Kijang Innova konsisten memberikan kelengkapan fitur keselamatan kelas wahid seperti contohnya dual SRS Airbags, Side Impact Beam, hingga kerangka mobil bertipe Global Outsatanding Assesment Body dengan keunggulan stabilisasi dan perlindungan menyeluruh dalam berkendara.
 
Dengan perjalanan yang panjang ini, Toyota Kijang mampu membuktikan bahwa keunggulannya sebagai sebagai mobil keluarga tidak tergantikan.