MARI MENGENAL LEBIH JAUH TOYOTA

20 Januari 2016 | Editor : Admin

Berawal dari divisi Pabrik Tenun Otomatis Toyoda pada September 1933. Toyoda menjual hak paten mesin tekstil otomatisnya kepada Platt Brothers & Co, Ltd. dari Inggris. Hasil penjualan paten ini, dijadikan modal pengembangan divisi otomotif.
Bersama anaknya Kiichiro Toyoda, tiada hentinya mereka menghasilkan inovasi-inovasi terbaru saat itu. Tahun 1936 mereka meluncurkan mobil penumpang pertamanya dengan nama Toyoda AA. Setelah dirasa siap, tahun 1937 mereka meresmikan divisi otomotif.
Sebelum nama Toyota diresmikan, Toyota Motor Corporation memiliki nama awal yaitu “Toyoda” yang berasal dari nama pendirinya yaitu Sakichi Toyoda.
seperti Honda yang didirikan oleh Soichiro Honda, Ford dari Henry Ford. Namun keputusan digantinya nama menjadi merk dagang Toyota berangkat dari pemikiran sederhana bahwa nama Toyoda dianggap terlalu kaku untuk bisnis otomotif yang dinamis dan berkembang. Terlebih lagi pada penulisan huruf Jepang Katakana, ‘Toyota’ memiliki 8 goresan kuas, dimana untuk kebudayaan Jepang yang memperhatikan feng shui, 8 adalah angka keberuntungan.
Jadi Kallafriends, itulah awal mula berdirinya perusahaan besar Toyota Motor Corp.