Lebih Aman dengan Immmobilizer Key

14 Maret 2016 | Editor : Admin

Salah satu sistem keamanan yang terdapat pada mobil Toyota adalah sistem keamanan Immobilizer Key. Saat ini sistem keamanan tersebut sudah terpasang di mobil Toyota keluaran terbaru seperti Toyota All New Alphard, New Toyota NAV1, Toyota All New Yaris dan New Toyota Rush. Jadi, tidak semua mobil Toyota dilengkapi dengan sistem keamanan tersebut.  Lalu seperti apakah immobilizer itu dan bagaimana cara kerjanya?

Immobilizer merupakan suatu sistem keamanan yang akan melumpuhkan mobil ketika Kallafriends menggunakan kunci kontak yang salah untuk menghidupkan mesin. Tujuan utama dari sistem keamanan tersebut adalah untuk mencegah terjadinya pencurian mobil dengan menggunakan kunci duplikat atau kunci palsu.

Immobilizer terdiri dari transponder yang terletak di anak kunci kontak, immobilizer control unit receiver, IMOES unit dan Engine Control Module (ECM) atau Powertrain Control Module (PCM). Saat kunci kontak dimasukan ke ignition switch dan diputar ke posisi ON, immobilizer control unit receiver mengirimkan sinyal ke transponder di kunci kontak. Kemudian transponder tersebut akan mengirim balik sinyal yang berisi kode melalui immobilizer control unit receiver ke ECM atau PCM.

Jika kode sudah sesuai dengan yang terdaftar di ECM atau PCM, mesin kendaraan akan bisa distarter, tetapi jika kode tidak sama atau tidak dikenali maka mobil tidak akan bisa distarter atau dihidupkan. Sehingga dapat dipastikan mobil yang sudah ber-immobilizer tidak dapat dicuri, karena pencuri tidak bisa menghidupkan mesin mobil sekalipun dia dapat membuka pintu mobil menggunakan kunci duplikat.

Untuk mengetahui mobil Kallafriends menggunakan immobilizer atau tidak, Kallafriends cukup melihat lampu security yang terdapat pada dashboard mobil. Apabila lampu security masih berkedip ketika Kallafriends menekan tombol unlock dari remote kunci mobil lalu membuka pintu pengemudi, dan lampu security mati ketika Kallafriends memutar kunci mobil ke posisi ON, itu tandanya mobil Kallafriends ber-immobilizer.

Meski sudah menggunakan sistem keamanan immobilizer, Kallafriends harus tetap berhati-hati terutama dalam menjaga kunci mobil Kallafriends agar tidak hilang atau dicuri karena mengurus kunci immobilizer yang hilang akan memakan waktu cukup lama.