Kenali Simbol Peringatan Pada Dashboard

17 Pebruari 2016 | Editor : Admin

Simbol-simbol pada dashboard merupakan bahasa yang digunakan mobil untuk berkomunikasi dengan pengemudinya untuk memberi informasi penting seputar kondisi mobil pada saat itu. Tapi tidak semua simbol dipahami dengan baik yang mengakibatkan hal fatal karena diabaikan. Berikut simbol-simbol peringatan yang harus Kallafriends pahami:
 
Battery Charging. Saat indikator ini menyala, berarti ada masalah pada Aki (Accu) atau pada sistem kelistrikan mobil, seperti masalah kinerja alternator, regulator, dan kabel-kabel penghubung tidak optimal.
 
Malfuction Indicator Light. Indikator ini menandakan bahwa ada komponen dari mesin yang tidak berfungsi dengan baik. Komponen tersebut dapat berupa sensor atau komponen lainnya yang mendukung kerja mesin secara keseluruhan. Langkah terbaik adalah segeralah pergi ke bengkel.
 
Engine Oil. Jika indikator ini menyala berwarna merah berarti menandakan bahwa kondisi oli Kallafriends sedang di bawah ambang batas standart atau karena ada sesuatu yang salah di pompa mesin mobil.
 
Airbag. Menandakan adanya masalah dengan sistem Airbag. Karena Airbag terhubung dengan banyak sensor dan komputer, maka lakukanlah perbaikan di bengkel resmi.
 
Engine Coolant Temperature. Menginformasikan bahwa suhu mesin terlalu tinggi. Jika Indikator ini menyala pada saat segeralah menepi dan matikan mesin untuk mengisi air di radiator. Tapi jangan segera membuka radiator saat masih panas! Kalau tetap dilakukan Anda bisa tersemprot air panas yang keluar dari radiator. Selalu gunakan air pendingin dari bengkel mobil atau pakai air murni.
 
Brake System Warning Parking Brake. Menandakan bahwa ada masalah dengan Rem. Karena sistem pengereman merupakan salah satu bagian yang vital, maka segera periksakan masalah tersebut untuk mencegah terjadinya musibah.
 
Power Steering Trouble. Jika lampu ini menyala ketika mesin hidup menandakan terjadinya adanya kerusakan sistem elektrik power steering yang mengakibatkan putaran setir menjadi berat.
 
Dengan memahami simbol peringatan pada dashboard, Kallafriends akan terhindar dari kerusakan mobil yang lebih serius.