Kenali Pola Tapak Ban dan Fungsinya

03 Maret 2016 | Editor : Admin

Ban adalah salah satu bagian penting dari roda kendaraan. Berfungsi untuk menopang seluruh berat kendaraan, bersentuhan langsung dengan permukaan jalan dan memindahkan gerakan dan daya pengereman ke jalan serta menyerap goncangan yang diterima dari permukaan jalan yang tidak rata.
 
Terdapat beberapa pola tapak ban dengan daya cengkram dan tingkat kenyamanan yang berbeda-beda. Berikut 4 tipe dasar telapak ban yang umum beredar di pasaran :
 
Rib. Pola vertikal yang melingkar sepanjang ban ini cocok untuk jalan beraspal. Biasanya digunakan pada roda bagian depan mobil bertipe MPV, truk dan bus. Pola ini cocok untuk kecepatan tinggi, karena tingkat panas yang ditimbulkan akibat gesekan aspal yang tergolong rendah.
 
Lug. Pola yang tegak lurus di seluruh lingkar ban cocok untuk penggunaan pada jalan-jalan tanah, ban belakang truk, kendaraan industri atau kontruksi dan dump truck. Baik pula untuk pengereman menikung.
 
Rib-Lug. Perpaduan pola Rib di tengah ban dan Lug dipinggir ban. Adanya pola Rib pada bagian tengah bertujuan untuk menjaga kestabilan ban saat jalan lurus, sedangkan pola di pinggir bertujuan agar ban juga memiliki kemampuan pengereman yang baik saat melewati tikungan. Baik digunakan pada bagian depan dan belakang bus atau truk.
 
Block. Pola garis yang terhubung satu sama lain seperti bentuk kotak ini memiliki kontrol kemudi dan stabilitas yang baik di jalan basah. Cocok untuk musim hujan dan sesuai untuk ban belakang kendaraan yang sering melalui jalan beraspal.
 
Tipe-tipe ban tersebut perlu dipahami agar ban mobil Kallafriends bisa berfungsi optimal. Kalau soal harga, perlu Kallafriends ketahui juga bahwa ban yang mahal mungkin menawarkan berbagai kelebihan, namun jika spesifikasinya tidak sesuai maka kinerja roda pun kurang maksimal.