Kenali Masalah Mesin Melalui Warna Asap Knalpot

06 Maret 2016 | Editor : Admin

Knalpot adalah saluran gas buang yang berfungsi mengalirkan gas buang dari ruang bakar mesin dan meredam suara yang keluar dari ruang bakar mesin. Karenanya, dari warna gas buang (asap) knalpot kita dapat mengidentifikasi kondisi mesin. Warna asap yang memberi petunjuk kondisi mesin pada umumnya ada tiga, yaitu hitam, putih dan biru.

Hitam. Jika knalpot mobil selain diesel mengeluarkan asap berwarna hitam, artinya terdapat pembakaran tidak sempurna. Indikasi bahwa bahan bakar dibakar secara berlebihan. Efek yang ditimbulkan adalah borosnya konsumsi bahan bakar.

Yang Kallafriends perlu lakukan adalah memeriksa komponen air intake-filter, sensor, injeksi dan regulator tekanan bahan bakar.

Langkah awal yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan tune-up.

Putih. Ketika mobil mengeluarkan sedikit asap putih, Kallafriends tidak perlu khawatir. Hal ini terjadi akibat hasil penumpukan kondensasi di sistem pembuangan.

Namun Kallafriends harus waspada jika asap putih yang keluar banyak. Itu menandakan adanya cairan yang berasal dari sistem pendingin (radiator coolant) ikut terbakar bersama pasokan bahan bakar di dalam mesin.

Tindakan yang dapat dilakukan adalah dengan memperhatikan volume cairan pendingin radiator mobil. Segera tambahkan bila berkurang untuk mencegah overheating.

Biru. Merupakan gejala terbakarnya oli bersama dengan bahan bakar di dalam ruang bakar mesin. Masalah ini umum terjadi pada mobil yang sudah berumur.

Tindakan sementara yang dapat dilakukan adalah dengan memeriksa volume oli secara teratur dan tambahkan bila berkurang. Selama volume oli sesuai dengan kebutuhan, maka mobil masih dapat dikendarai.

Setelah Kallafriends mampu mengidentifikasi masalah pada mesin melalui asap knalpot, ada baiknya segera ditangani oleh teknisi sebelum terlambat.