GPS Si Peta Digital

13 Pebruari 2016 | Editor : Admin

Meningkatnya mobilitas manusia mendorong peningkatan kebutuhan akan informasi. Untuk itu, Global Positioning System (GPS) semakin banyak peminatnya.

Sistem navigasi menggunakan satelit ini didesain untuk mengetahui posisi, kecepatan dan informasi lainnya setiap saat dalam kondisi cuaca apapun. Ada berbagai macam jenis GPS, mulai GPS untuk militer, penyedia informasi geografis, navigasi, pelacak kendaraan hingga pemantau gempa.

GPS yang umum dipakai untuk kebutuhan pribadi adalah GPS navigasi. GPS ini mampu memandu Kallafriends untuk mengetahui jalur mana yang sebaiknya dipilih untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Kini, dengan banyaknya merk GPS navigasi yang beredar, Kallafriends harus cermat memilih yang paling sesuai. Berikut kriteria umtum yang harus diperhatikan dalam memilih perangkat GPS :

 Tingkat Sensitifitas Penangkapan Satelit. Pilih GPS yang menggunakan sedikitnya tiga satelit untuk mengetahui posisi mobil. Pada umumnya kaca film berpengaruh terhadap daya tangkap sinyal, namun ini  dapat diatasi dengan meningkatkan spesifikasi eksternal antena.

Ukuran dan Resolusi Layar. Hal ini sangat berpengaruh terhadap tampilan peta. Semakin besar ukuran layar sudah pasti informasi yang diperlihatkan akan semakin jelas. Ada beberapa pilihan resolusi layar GPS yaitu 3.5 inch, 4.3 inch, 5 inch serta yang paling besar 7 inch. Ukuran layar sangat berpengaruh terhadap tingkat kecerahan. Carilah yang walaupun tersorot sinar matahari GPS tersebut akan tetap jelas dilihat.

Kelengkapan Peta.Kelengkapan peta amat penting dijadikan pertimbangan ketika hendak membeli GPS. Lihat fitur-fitur pada GPS tersebut, cek peta apa saja yang telah di-install, cek pula kualitas petanya, lalu bagaimana kemudahan dalam update-nya.

Avoiding Traffic. GPS yang dilengkapi dengan kemampuan memberi informasi kondisi lalu lintas, akan sangat membantu pengemudi menghindari jalan yang padat atau macet. Sistem bisa menawarkan alternatif jalur untuk menghindari macet.

Ketahanan Baterai. Pilihlah GPS dengan ketahanan baterai yang lama karena Kallafriends akan membutuhkannya, terutama dalam perjalanan jauh.

Satu hal lagi, dengan semakin beragamnya fitur tambahan yang ditawarkan, jangan lupa tujuan utama dalam membeli GPS ya Kallafriends…