Fitur Rear Differential Lock pada Kendaraan Toyota

04 April 2016 | Editor : Admin

Jika Kallafriends gemar mengendarai kendaraan off road pasti sudah tak asing lagi dengan fitur Rear Differential Lock. Nah bagi yang belum tau apa itu Rear Differential Lock dan fungsinya, kali ini kami akan menguliknya pada artikel ini.

Rear Differential Lock merupakan fitur yang diaktifkan untuk menghidupkan sensor mobil ketika melintasi rintangan yang terjal, licin, dan berlubang. Fitur Rear Differential Lock ini hanya terdapat pada kendaraan yang berpenggerak roda 4x4 atau 4WD (wheel drive).

Berbeda dengan kendaraan sistem 4x2 yang daya penarik mobil bertumpu pada dua roda depan, kendaraan dengan sistem 4x4 dimotori oleh keempat roda mobil. Dengan begitu tenaga yang dihasilkan oleh kendaraan 4WD menjadi lebih besar.

Cara kerja Rear Differential Lock adalah dengan menggerakkan dua roda bagian belakang kendaraan. Pada kendaraan dengan penggerak 4 roda, mesin dihubungkan dengan diferensial tengah (transfer case) yang membagi tenaga ke roda belakang dan roda depan. Jadi Rear Differential Lock baru berfungsi ketika tombol atau tuas Rear Differential Lock diaktifkan.

Kendaraan Toyota yang menggunakan tenaga berpenggerak 4WD dan sudah dilengkapi dengan fitur Rear Differential Lock, antara lain adalah Toyota Hilux dan Toyota Landcruiser. Kehadiran Rear Differential Lock pada kendaraan tersebut memberikan energi ekstra pada performa mobil. Kekuatan kendaraan tersebut dapat diuji ketika melintasi trek off road. Apabila masuk ke transmisi terendah (gigi satu), kendaraan ini juga mampu menanjak tebing dengan kemiringan 35 derajat tanpa perlu digenjot pedal gas.

Bagi Kallafriends yang tertarik dengan kegiatan melintasi trek off road, Toyota Hilux atau Landcruiser layak jadi pilihan untuk merajai medan yang menantang.