Defogger canggih Toyota melindungi kerusakan kaca mobil

22 September 2016 | Editor : Dede Taufik

Fitur defogger pasti sudah tak asing di telinga para penikmat kendaraan roda empat. Defogger adalah fitur yang berfungsi untuk menghilangkan embun di kaca belakang.

Piranti ini di dukung oleh aliran listrik melalui kawat, yang akan menghasilkan panas sehingga dapat membersihkan embun di bagian kaca belakang mobil. Wajib Anda ketahui, seringnya mengaktifkan fitur ini ternyata tidak baik dampaknya.

Iwan Abdurahman, Technical Service Division PT Toyota Astra Motor, mewanti-wanti agar pengemudi tidak terlalu sering menggunakan defogger. Penggunaan defogger dapat merusak kaca dan pemakaian bensin akan lebih boros.

“Semakin besar arus listrik yang dikeluarkan, semakin boros juga pengeluaran bensin, meski tidak terlalu signifikan,” papar Iwan.

Komponen mobil yang tidak terpengaruh oleh pemakaian defogger adalah aki meskipun arus listrik yang digunakan ketika defogger aktif lumayan besar, dengan catatan sistem kelistrikan mobil masih normal.

“Selama aki sehat dan alternator sehat, tidak berpengaruh. Karena alternator akan bekerja menyalurkan listrik saat mesin hidup,” jelasnya.

Kerugian dari fitur defogger tak membuat Toyota kehilangan akal. Fitur pembersih embun ini telah dilengkapi dengan pembatas waktu. Di mobil-mobil keluaran Toyota, fitur defogger menyala hanya 15 menit. Setelah lima belas menit, defogger otomatis akan mati.

Adanya pembatas waktu untuk fitur defogger tentu bertujuan untuk melindungi mobil beserta penumpangnya. Toyota mengembangkan ide ini karena defogger dianggap dapat membahayakan jika dinyalakan tetapi pengemudi lupa mematikan fitur tersebut.

“Kalau kaca terlalu panas, akan mudah retak,” terang Iwan. Jadi, sebaiknya Anda tidak terlalu sering menyalakan defogger agar kaca tetap terlindungi dan awet.

Jika kaca belakang memang berembun, lakukan pembersihan secara manual ketika sampai di tempat tujuan. Bila terpaksa menggunakan defogger, Anda juga tak perlu lagi khawatir karena fitur tersebut akan mati dalam lima belas menit.