Cara Mudah Merawat AC Mobil

21 Pebruari 2016 | Editor : Admin

Kenyamanan berkendara merupakan hal penting agar Kallafriends lebih tenang dan tidak terbawa emosi, terutama saat cuaca panas dan lalu lintas macet. Tak dapat dipungkiri, AC berperan penting untuk menyediakan aliran udara sejuk penunjang kenyamanan. Namun seringkali perawatannya diabaikan yang mengakibatkan hembusan angin kurang kencang, keluarnya bau tak sedap dan lain sebagainya.

Berikut tips merawat AC mobil agar berfungsi maksimal :

Jaga kebersihan interior mobil. Kabin mobil yang kotor dan berdebu akan mengotori kolong AC dan evaporator dan menyebabkan AC kurang dingin serta mengeluarkan bau tak sedap.

Dinginkan kabin. Saat mobil diparkir di area outdoor, kabin mobil akan dipenuhi uap panas. Sebelum menyalakan AC, gunakan tiupan blower yang paling cepat terlebih dahulu. Jangan lupa buka jendela mobil. Tujuannya adalah agar uap panas cepat hilang dan membuat suhu kabin kembali normal. Sehingga beban pendinginan ruangan pun tidak besar.

Tidak merokok saat AC menyala. Selain dapat menyebabkan bau yang tidak sedap, nikotin pada rokok akan menempel pada evaporator, sehingga sulit dibersihkan.

Nyalakan AC dengan temperatur minimum. Menyalakan AC dengan suhu maksimum pada saat mobil sedang melaju kencang akan memperberat kerja AC sehingga AC mobil Kallafriends cepat rusak.

Bersihkan Kondensor AC. Semprotkan air bertekanan untuk membersihkan kondensor AC mobil dari debu dan kotoran yang tersangkut. Kondensor AC yang bersih akan membuat hembusan udara AC mobil menjadi cepat dingin dan tidak bekerja terlalu keras, sehingga membebani sistem pendinginan kabin.

Bagaimana Kallafriends? Cukup mudah diaplikasikan, bukan? Dan yang penting, AC mobil menjadi lebih awet dan tahan lama.