Cara Kerja Teknologi Variable Nozzle Turbo (VNT)

06 April 2016 | Editor : Admin

Teknologi pada mobil saat ini sangat berkembang pesat. Banyak gebrakan dan inovasi yang dilakukan baik dari sisi bodi, eksterior, interior, maupun mesin. Toyota kini melakukan terobosan lewat mobil Fortuner dan Hilux-nya dengan menyematkan mesin berteknologi Variable Nozzle Turbo (VNT). VNT merupakan teknologi mesin diesel modern yang dipakai Toyota untuk varian mobil solar-nya. Kallafriends pasti penasaran kan seperti apa dan bagaimana cara kerja VNT pada kedua mobil tersebut.

Bicara tentang cara kerja VNT, sangat erat kaitannya dengan cara kerja dari turbocharger. Turbocharger sendiri berfungsi untuk memperkaya jumlah oksigen yang masuk ke ruang bakar agar pembakaran lebih sempurna. Turbocharger terdiri dari kompresor yang mempunyai poros yang sama dengan turbin dimana kompresor tersebut bertugas untuk menyedot dan mendorong udara ke ruang pembakaran. Pada turbocharger biasa, agar kerja kompresor bisa efektif dibutuhkan putaran turbin yang kencang yang bisa dihasilkan jika tekanan gas buang cukup tinggi. Dengan kata lain, turbocharger baru efektif pada putaran mesin yang tinggi.

Disinilah letak keunggulan dari teknologi VNT. Rumah turbin pada mesin VNT dilengkapi bilah atau sudut-sudut yang digerakkan oleh motor listrik dan dapat diatur besar bukaannya sesuai beban mesin, rpm dan beberapa variabel lain. Pada putaran rendah, ketika tekanan gas buang masih lemah dan belum efektif untuk memutar turbin, bilah-bilah tersebut otomatis tertutup agar gas buang mengalir di area yang sempit dan turbin bisa terputar secara efektif, sehingga membuat kompresor bisa bekerja sejak putaran rendah.

Karena turbocharger berhubungan dengan aliran gas buang yang panas, maka suhu udara yang terhisap ikut meningkat. Oleh sebab itu pada mesin VNT Fortuner dan Hilux dilengkapi dengan intercooler diantara turbocharger dan intake manifold untuk mendinginkan udara yang panas agar kandungan oksigen menjadi lebih rapat.

Kini, dengan canggihnya teknologi yang disematkan pada mobil-mobil Toyota, Kallafriends tidak perlu khawatir lagi akan kenyamanan dan keamanan dalam berkendara.