Cara Kerja Fitur Drive Mode pada All New Kijang Innova

22 Juni 2016 | Editor : Dede Taufik

All New Kijang Innova menawarkan banyak fitur dibandingkan model lamanya, diantara beberapa fitur baru yang disematkan tersebut, hadir fitur Drive Mode. Seperti apa sih cara kerjanya Kallafriends?

Fitur ini hadir ditandai dengan dua buah tombol di bagian bawah dashboard. Eco Mode dan Power Mode, Kehadirannya membuat All New Kijang Innova bisa dikendarai dengan tiga kondisi pilihan Kallafriends, yaitu tarikan bertenaga yang lebih responsif (power mode) atau pilihan melaju santai yang hemat bahan bakar (eco mode), atau pilihan mode normal yang Kallafriends dapatkan jika tidak memilih kedua mode sebelumnya.

"Drive Mode menciptakan lebih dari satu karakter mesin saat mengemudi," ungkap Iwan Abdurahman, Technical Service Division PT. Toyota Astra Motor. Maksud Iwan, teknologi ini bisa memaksimalkan efisiensi bahan bakar, namum di sisi lain juga bisa membuat tenaga mesin lebih responsif.

Bukan power yang berubah, basically hanya perubahan timing pindah gigi dan buka tutup throttle

-- Iwan Abdurrahman

Fitur Drive Mode ini akan otomatis bekerja dengan mengatur system drive by wire sesuai pilihan. Jadi, fitur ini akan mengatur sinyal ke throttle body untuk bekerja sesuai pilihan. Misal pada Eco Mode, bukaan skep gas bekerja dengan halus agar pengendaraan lebih nyaman. Perpindahan setiap gigi pada transmisi otomatis pun dilakukan pada RPM yang lebih rendah agar terasa lebih halus. Dengan begitu konsumsi bahan bakar akan menjadi lebih efisien.

Sedangkan pada Power Mode, sistem drive by wire akan lebih agresif, bukaan skep gas lebih besar sehingga mesin akan lebih responsif. Selain itu perpindahan setiap giginya terjadi di putaran yang lebih tinggi, dengan catatan pengaturan perpindahan gigi ini hanya berfungsi pada All New Kijang Innova bertransmisi otomatis. Sedangkan untuk varian manual hanya berpengaruh pada respons throttle.

Perubahan mode ini bisa langsung Kallafriends lakukan dan efeknya juga seketika, saat diaktifkan. Tidak perlu mematikan mesin atau mengharuskan mobil dalam keadaan berhenti.