Be A Smart Driver Biar Irit

24 Januari 2016 | Editor : Admin

Para ahli mengemukakan pendapat mengenai penyebab atau faktor-faktor terjadinya pemanasan global. Salah satu faktor utamanya adalah polusi atau emisi gas buang kendaraan. Karbon dioksida berlebih yang dihasilkan kendaraan bermotor adalah gas yang memerangkap panas sehingga tidak dapat keluar ke angkasa. 
 
Melihat isu ini, Toyota memberi solusi untuk mengurangi polusi udara dengan mengeluarkan AGYA sebagai mobil LCGC (Low Cost Green Car). Dalam setiap liter pemakaian, mobil ini mampu menempuh jarak 20 km. Juga terdapat fitur ECO yang bisa membuat kallafriends mengetahui apakah cara mengemudi kallafriends sudah irit BBM  atau belum.
 
Namun tidak bisa dipungkiri, boros atau iritnya penggunaan BBM tidak terlepas dari masalah ketangkasan mengemudi. Berikut tips berkendara yang irit bahan bakar.
 
Pertama, jangan panasi mobil terlalu lama.
Salah satu penyebab BBM terkuras dari tangkinya adalah pengguna memanasi mobil terlalu lama sambil menginjak pedal gas dalam-dalam.
 
Kedua, hindari akselerasi dan pengereman berlebihan.
Ada baiknya kallafriends melaju secara konstan. Sebab setelah mengerem dibutuhkan tenaga yang lebih besar bagi mesin  untuk kembali ke kecepatan semula.
 
Ketiga, mengatur putaran mesin dengan tepat.
Putaran mesin yang ideal saat berkendara adalah sekitar 3.000 rpm. Karena dengan melaju dengan putaran mesin lebih tinggi dari idealnya, bbm akan terbuang cepat  sedangkan terlalu rendah menyebabkan mesin kehilangan torsi dan butuh injakan gas dalam ketika hendak menambah kecepatan.
 
Keempat, mengemudilah dengan kecepatan konstan.
Karena semakin sering kallafriends menginjak pedal gas, maka semakin banyak pula bbm yang berkurang. Namun, jika ingin menambah kecepatan, injaklah gas dengan lembut dan progresif.
 
Begitulah tips irit BBM dalam berkendara. Selain itu, dengan menjadi smart driver, kallafriends turut menghemat kertersediaan bahan bakar yang saat ini semakin langka.