Bagaimana Hadapai Rem Blong?

28 Januari 2016 | Editor : Admin

Rem merupakan bagian dari mobil yang berperan penting dalam keselamatan berkendara. Tapi bagaimana jika tiba-tiba tidak berfungsi?

Hilangnya daya cengkram atau kemampuan menghentikan mobil merupakan salah satu penyebab kecelakaan terbanyak selain supir mengantuk dan sebab lainnya. Faktornya bermacam-macam, mulai dari kebocoran selang minyak rem yang berfungsi meneruskan tekanan dari pedal ke kanvas membuat pengereman tidak berfungsi, kanvas rem yang habis/aus karena termakan usia, hingga faktor suhu panas di bagian master maupun selang atau pipa saluran minyak rem juga berpengaruh. Jika dihadapkan dengan situasi tersebut, apa tindakan kita?
 
Nyalakan lampu hazard dan klakson. Tekan tombol lampu hazard dan klakson agar kendaraan sekitar Kallafriends tahu jika anda sedang dalam keadaan darurat.
 
Menepi kebahu jalan. Dengan perlahan-lahan namun pasti, arahkan mobil untuk menepi ke bahu jalan untuk menghindari kecelakaan. Dengan menepi dan lampu hazard dan klakson menyala, maka kendaraan lain akan otomatis menyingkir dan mengetahui bahwa mobil ini mengalami masalah.
 
Turunkan gigi. Secara bertahap, turunkan gigi kendaraan Kallafriends dari 5,4,3,2 sampai gigi 1. Jangan langsung ke gigi terendah karena itu bisa membuat mobil kehilangan kendali. Berlaku sebaliknya jika Kallafriends menggunakan mobil matic, turunkan gigi langsung ke tingkat terendah, biasanya gigi 1.
 
Lakukan engine break. Saat gigi sudah di posisi 1 maka yang harus dilakukan adalah menggunakan rem tangan agar mobil benar-benar berhenti. Rem tangan ini selain fungsi utamanya sebagai rem parkir juga bisa dipakai sebagai rem darurat.
 
Injak rem terus menerus. Kadang rem blong juga bersifiat sementara, setelah diinjak terus menerus bisa kembali normal. Untuk rem dengan teknologi ABS maka jangan diinjak dengan keras tapi cukup injak perlahan pedal gas karena sifatnya yang automatic.
 
Tabrak sesuatu. Jika terpaksa, maka cobalah obyek yang bisa menyerap benturan lihat lingkungan sekitar misalnya terdapat pagar kayu atau pasir atau gundukan tanah atau semak-semak dan hindari obyek yang bersifat menolak/ memantulkannya seperti beton dan lain-lain.
 
Jika mobil benar-benar bermasalah dengan sistem rem maka jangan dikendarai lagi, dan panggil teknisi/bengkel terdekat atau hubungi Call Center kami di 14030.