Bagaimana Cara Mengoptimalkan Gerak Roda 4 Pada Mobil Toyota?

08 Juni 2015 | Editor : Admin

Mobil-mobil modern memang didesain dengan sangat teliti dan dilengkapi dengan fitur canggih, namun tak semuanya dilengkapi fitur yang mampu mengoptimalkan gerak 4 roda.

Kemampuan gerak 4 roda adalah sebuah sistem yang rumit karena melibatkan banyak komponen di mobil. Apalagi, mobil modern kini sudah dilengkapi dengan perangkat elektronis untuk menunjang kapabilitas gerak roda 4.

Fitur semacam ini akan sangat berguna saat melintasi medan off-road. Hal ini karena sistem akan mampu memberikan cengkraman ekstra meski jalan sangat parah. Berkat adanya fitur ini, mobil berpenggerak 4 roda akan mampu mencengkram dan melaju pada medan jalan yang sudah sangat parah sekalipun. Baik pada medan jalan yang berlumpur, berpasir dan terdapat banyak kubangan air.

Namun,fitur advance ini akan terbuang percuma jika tidak digunakan secara maksimal. Apalagi jika digunakan secara tak benar, bisa menyebabkan kerugian. Karena itulah, Anda harus memahami tata cara penggunaannya.

Walaupun dirancang dari sistem yang cukup rumit, namun produsen mobil selalu berusaha membuat penggunaan gerak 4 roda lebih simpel. Hadirnya gerak 4 roda ini ditandai dengan adanya tuas transfercase di kabin mobil Toyota. Tuas inilah yang berfungsi untuk mengkonversi mobil dari gerak 2 roda menjadi 4 roda.

Aktifitas transfercase via tuas ini masih digunakan hingga saat ini. Meski sudah ada produk mobil yang telah mengaplikasikan model kenop untuk kemudahan dan kenyamanan pengemudi.

Pada mobil dilengkapi dengan 3 mode penggerak yakni 2 High (2H), 4 High (4H), dan 4 Low (4L). Mode 2H banyak digunakan saat melintasi jalan dengan permukaan aspal. Mode ini dianggap normal dengan rentang aplikasi yang cukup luas, mulai dari kecepatan rendah hingga maksimum mobil.

Perpindahan dari mode 2H ke 4H pun semakin mudah. Kini, banyak mobil modern 4x4 yang telah mampu perpindah mode sambil berjalan (shift to fly). Waktu Anda pun tak akan terbuang percuma dan momen mobil tetap terjaga ketika meluncur. Sedangkan mode 4L hanya digunakan untuk medan yang sangat berat. - See more at: http://www.toyota.astra.co.id/corporate-information/news-promo/news/bagaimana-cara-mengoptimalkan-gerak-roda-4-pada-mobil-toyota/#news