All New Yaris, Laris!

12 Mei 2016 | Editor : Dede Taufik

Sejak diperkenalkan Maret 2014, Toyota All New Yaris makin laris manis. Meskipun kian banyak hatchback yang hadir di segmen yang sama, namun permintaan masyarakat akan All New Yaris tetap meningkat. Desainnya yang lebih sporty, moderen dan dan dimensi yang lebih panjang, membuat para pecinta city car menjadikannya pilihan utama.

Dimensi All New Yaris kini Lebih panjang dan lebar sehingga memberikan kelegaan ruang penumpang maupun barang. Mesinnya berkapasitas 1.500 cc dilengkapi empat silinder segaris, serta memiliki 16 katup dengan teknologi DOHC VVT-i. Tipe dapur pacu tersebut mampu menyemburkan daya maksimum 109 ps pada 6.000 rpm dan torsi maksimal 14,4 kgm pada 4.200 rpm. Fitur keamanan dan keselamatannya juga menjadi keunggulan varian ini. All New Yaris telah dilengkapi dengan dual airbags, rem berfitur ABS, EBD dan BA.

All New Yaris hadir dengan 3 tipe yaitu tipe E, G dan tipe S TRD Sportivo. Semua tipe tersedia dalam pilihan transmisi manual dan automatis. Ada tujuh pilihan warna, yakni super white, silver metalic, gray metalic, black mica, red mica metalic, orange metalic dan blue metalic.

Desain eksteriornya yang berubah drastis dengan mengedepankan aerodinamis, style dan juga fungsi dari sebuah kendaraan. Hal tersebut bisa dilihat dari lekukan dan garis tegas pada seluruh bagian bodi. Pada bagian fascia, All New Yaris mendapatkan penyegaran pada model lampu dan grill yang terlihat agresif. Model headlamp sipit dan tajam membuat All New Yaris memiliki kesan gahar dibandingkan generasi sebelumnya. Desain grill yang memiliki garis tegas kebawah serta berkelir matte black yang menyatu dengan desain headlamp semakin merefleksikan khas sporty dan aerodinamis.

All New Yaris mempertahankan model foglamp berbentuk bulat, namun, memang lebih terlihat klop. Sebab, Yaris dibekali dengan headlamp projector serta terdapat desain bulat pada lampu kecil. Selain itu dibekali dengan day time running light (DRL) menggunakan LED yang terdapat di bawah grill.

Lekukan bodi samping hingga belakang sangat selaras, sehingga tidak terdapat banyak lekukan tajam pada bagian samping. Desain jendela dibuat lebih kecil dibandingkan generasi sebelumnya. Untuk versi TRD All New Yaris dibekali dengan side skirt, side stripe, dan spoiler agar terkesan futuristik dan semakin sporty.

All New Yaris sedikit mempertahankan model lama pada bagian belakang. Hal tersebut dapat dilihat dari model pintu bagasi yang tidak terlalu menjorok keluar tapi terlihat seksi. Posisi tempat duduk plat nomor yang tadinya diletakkan di bagian bumper bawah sekarang dipindah ke pintu bagasi mobil guna memberikan aksen difusser. Penambahan spoiler di bumper belakang membuat tampilan All New Yaris semakin manis. Teknologi retractable mirror juga sudah dibenamkan.

Pada interior All New Yaris juga mengalami perubahan dengan menonjolkan konsep stylish. Mulai dari ornamen jahitan warna hitam ditambah aksen chrome pada dashboard. Pengendara dan penumpang juga akan dimanjakan dengan fitur Automatic AC with Digital Instrument Cluster. Teknologi ini memungkinkan AC bisa menyesuaikan temperatur kabin. Teknologi lainnya adalah dengan disematkannya fitur teknologi Keyless Entry With Start Stop Engine Button dimana akan memberikan kemudahan saat mau menyalakan kendaraan karena tinggal pencet.

Kemudahan juga diberikan untuk berhubungan dengan alat komunikasi dan jaringan koneksi. Ada fitur Touchscreen Headunit with Bluetooth and Internet Connection yang merupakan fitur teknologi canggih yang mampu memberikan koneksi USB, AUX, Bluetooth dan bahkan Internet lengkap Wi-Fi connection pada mobil tersebut. Pada bagian speedometernya, All New Yaris mendapatkan sentuhan baru dengan display yang lebih informatif. Terdapat pula perubahan pada bagian belakang sehingga bagasi All New Yaris ini memiliki kapasitas lebih besar.