All New Fortuner, Si Gagah Pencuri Hati

01 Pebruari 2016 | Editor : Admin

Perkembangan segmen mobil Sport Utility Vehicle (SUV) di Tanah Air semakin dibanjiri peminat dan diperkirakan akan terus meningkat. Melihat potensi pasar yang mengundang selera, Toyota pun menyiapkan produk andalannya untuk bertarung melawan beberapa rival di tahun 2016 ini yaitu Toyota All New Fortuner.
 
Sebagai salah satu penggemar mobil SUV, Kallafriends pastinya sudah tahu bahwa Toyota All New Fortuner sudah diluncurkan di Indonesia pada tanggal 22 Januari 2016 lalu. Sejak saat itu, respon positive pun didapat, terbukti dari jumlah SPK (Surat Pemesanan Kendaraan) yang meningkat dari penjualan Fortuner sebelumnya.
 
Respon baik ini pun tidak lepas dari nama “All New” di depannya, yang benar-benar menggambarkan perubahan yang signifikan pada All New Fortuner, dimulai dari:
 
Eksterior yang gagah. Konsep yang diusung adalah ‘Stylish and Confidence’ dimana unsur tough ala SUV digabungkan dengan aura urban stylish cool yang tampak dari konsep grill yang lebih garang, disandingkan dengan lampu kabut yang tampil lebih elegan. Selain itu, lampu depan All New Fortuner berhasil tampil lebih modis dengan desain headlamp berteknologi Bi-Beam Hi Tech LED Projector yang  lebih slim dari versi sebelumnya. Headlamp-nya sendiri sudah terintegrasi dengan DRL dan Auto Leveling sehingga tidak menyilaukan mata pengendara yang berada di depannya.
 
Pada body bagian belakang, All New Fortuner dirancang lebih tinggi, dengan power back door yang bisa terbuka dan tertutup hanya lewat tombol. Selain itu, dengan LED Tailight model baru yang berdesain tajam membuat All New Fortuner tampil semakin gaya.
 
Interior yang mewah. Terlihat dari desain dashboard yang terlihat lebih modern. Untuk tipe terendah, mobil ini telah dilengkapi berbagai fitur yang tidak dimiliki di Fortuner sebelumnya seperti push-button start, keyless entry, adjustable steering, traction control, VSC, hill start assist dan 3 unit airbags. Sementara interior All New Toyota Fortuner 2016 varian termewahnya dilengkapi dengan material kulit berwarna cokelat, power tailgate, monitor layar sentuh dengan sistem navigasi, hill descent control, reverse camera serta tan untuk upholstery yang terlihat sangat berkelas.
 
Dimensinya penakluk segala medan. All New Toyota Fortuner ini memiliki dimensi panjang 4.795 mm, lebar 1.855 mm dan tinggi 1.835 mm. Ukuran tersebut memang lebih besar dibandingkan dengan generasi Fortuner yang lama. Selain itu, dengan ground clearancenya yang tinggi, membuat Kallafriends tak akan menemui hambatan saat melewati tekstur jalan terjal berbatu apalagi dengan spesifikasi suspensi Double Wishbone dengan Koil Spring and Stabilizer untuk bagian depan dan suspensi bersistem 4-Link dengan Lateral untuk bagian belakang membuat performa berkendara semakin maksimal. Sedangkan pada bagian ban, kini All New Fortuner juga tampil lebih gagah lewat velg 18 inci yang dibalut ban berukuran 265/60.
 
Mesin yang lebih bertenaga. All New Toyota Fortuner hadir dengan dua pilihan mesin, yaitu bensin 2,7 liter Dual VVTi dan Diesel 2,4 Liter VNT. Untuk yang bensin, mesinnya menjanjikan tenaga 160 Tk pada 3.400 rpm dan torsi 242 Nm pada 4.000 rpm. Sedangkan Dieselnya, bertenaga 147 Tk pada 3.400 rpm dan torsi 400 Nm pada rentang 1.600-2.000 rpm. Tenaga pada mesin Diesel mengalami peningkatan dari 142 Tk menjadi 147 Tk. Begitu pula torsinya yang naik dari 343 Nm ke 400 Nm. Demikian pula dengan mesin bensinnya, yang tenaganya naik 2,9 Tk.
 
Fitur keselamatan yang meningkat. Mobil ini dibekali dengan tujuh airbag, easy 4x4 switch, Vehicle Stability Control (VSC) untuk memudahkan Kallafriends mengontrol saat melewati tikungan, hill assist control (HAC) yang berfungsi mencegah mobil melorot mundur saat start di tanjakan, Electronic Braking System (EBS) sebagai pemberi peringatan bahaya melalui lampu pada saat terjadi kondisi pengereman mendadak, dan Active Traction Control (A-TRC) untuk membantu saat kondisi jalan berpasir atau berlumpur dan salah satu roda berputar namun tidak menggerakan kendaraan maka fungsi pengereman akan otomatis menghentikan roda tersebut dan kekuatan pendorong akan mendistribusikan ke roda yang tersisa. Toyota Fortuner 2016 juga sudah dilengkapi dengan ISOFIX yaitu bangku tambahan pada baris pertama untuk melindungi buah hati selama berkendara. 
 
Nah Kallafriends, apakah kalian siap menikmati sensasi berkendara penuh tantangan dan berkelas bersama Toyota All New Fortuner?