Air Suspension pada Toyota Land Cruiser

29 Pebruari 2016 | Editor : Admin

Apakah Kallafriends seorang pria gagah yang menyukai dunia petualang dengan medan yang berat? Jika iya, maka Kallafriends pasti tahu tentang Land Cruiser, salah satu mobil SUV Toyota yang paling gahar. Dengan mengusung mesin berkonfigurasi V8 berkapasitas 4.5 liter, Land Cruiser hadir dengan ketangguhannya menjelajah medan-medan berat, baik on road maupun off road.

Ketangguhan tersebut tak lepas dari adanya air suspension yang dirancang khusus untuk mampu mengatasi gradient curam dan fording air hingga 700mm. Sistem suspensi berjenis Double Wishbone and KDSS, serta suspensi belakang berjenis 4 Link Coil Rigid with Lateral Rod and KDSS mampu memberikan performa handling dan penyaluran goncangan yang handal untuk medan off road terberat sekalipun.

Selain itu, Kinetic Dynamic Suspension System yang disematkan pada mobil ini dinilai mampu meningkatkan respon kemudi sekaligus meredam getaran pada permukaan jalan yang tidak rata. Kallafriends juga dimanjakan dengan adanya Adaptable Variable Suspension yang memiliki tiga pengaturan suspensi udara belakang, yaitu Normal, Comfort dan Sport yang bertujuan untuk menjaga mobil agar tetap stabil. Juga teknologi pengaturan rasio gigi tinggi-rendah yang memungkinkan Land Cruiser lebih mantap melalui lebih banyak medan seperti lumpur, pasir, salju dan batu.

Pada dasarnya fungsi suspensi pada mobil tipe SUV dan mobil tipe sedan adalah sama, yang membedakan hanyalah medan yang dilalui. Mobil tipe sedan umumnya menggunakan suspensi MacPherson Strut dengan Stabilizer pada sisi depan dan Torsion Beam di belakang sehingga lebih terfokus pada bagaimana memberikan performa handling yang maksimal dan stabil untuk bermanuver pada kecepatan tinggi.

Dengan didukung suspensi yang hebat sudah dapat dipastikan bahwa Toyota Land Cruiser adalah mobil tangguh yang mampu menyambangi medan apapun tanpa rasa takut.