7 Tips Merawat Ban Mobil Anda

22 Nopember 2016 | Editor : Dede Taufik

Menurut data yang terdapat pada Departemen Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional AS, sebanyak 660 kasus kecelakaan lalu lintas diakibatkan oleh kurangnya tekanan angin dalam ban dan memakan korban luka berat sebanyak 33 ribu per tahun. Sebuah penelitian yang disponsori oleh Rubber Manufacturers Association (RMA) baru-baru ini, yang dilakukan terhadap 1000 orang pengemudi di seluruh negara bagian, menemukan fakta-fakta bahwa :

 

* 63% pengendara mobil menyebutkan bahwa tekanan ban sangat mempengaruhi jarak tempuh dari kendaraan

* Hanya 19% dari para pengemudi yang memeriksa kondisi tekanan ban mobil mereka

* Tiap bulan, tiga dari empat pengendara mobil mencuci kendaraan mereka, sementara hanya satu dari lima pengendara yang memeriksa tekanan ban mobil mereka

 

Anda dapat menempuh jarak hingga mencapai 3,3% lebih jauh dan menghemat ongkos BBM, jika kondisi ban anda dalam keadaan prima. Berikut ini 7 tips perawatan ban mobil anda agar tetap prima :

 

1. Biasakan untuk selalu memeriksa tekanan ban mobil anda, paling sedikit sekali sebulan dan terutama sebelum melakukan perjalanan jarak jauh. Ban dengan tekanan yang kurang memadai akan menyebabkan ban mudah panas karena gesekan yang besar dengan aspal, sehingga ban cepat aus dan bisa membahayakan keselamatan mengemudi.

 

2. Ingat tekanan yang proporsional dari ban mobil Anda. Ukuran tekanan ban yang pas bisa dilihat pada stiker yang menempel di bagian dalam dari pintu kendaraan Anda, atau pada buku petunjuk pemilik kendaraan.Untuk pengukuran yang valid terhadap tekanan ban mobil Anda, periksalah ban saat suhu ban dingin. Jika mobil Anda habis menempuh perjalanan jauh, tunggulah kurang lebih tiga jam. Hindari juga mengendarai mobil tanpa penutup pentil, karena berakibat ban kekurangan tekanan.

 

3. Gantilah ban jika sudah gundul. Uang koin bisa digunakan sebagai alat penunjuk bahwa ban mobil Anda telah gundul. Letakkan uang koin di tapak ban mobil Anda. Jika Anda bisa melihat seluruh gambar uang koin tersebut, maka saatnya bagi mobil Anda untuk ganti ban.

 

4. Hindari Jalanan berlubang. Lubang yang terlalu besar tak hanya bisa merusak ban mobil anda, melainkan juga akan mengganggu keseimbangan atau balance dari ban mobil.

 

5. Buatlah jadwal penukaran posisi ban. Pastikan anda menukarkan ban mobil Anda antara yang di depan dengan yang di belakang tiap 10.000 km, agar menyeragamkan kondisi seluruh ban dan mempertahankan masa pakai ban lebih lama.

 

6. Periksalah keseimbangan atau balance dari ban mobil Anda secara periodik, untuk menghindari putaran ban yang tak stabil. Kami menyarankan anda memeriksanya di bengkel resmi kendaraan anda.

 

7. Perhitungkan bobot yang maksimal yang dimuat oleh mobil Anda. Jika muatan melebihi kapasitas maksimal dapat menimbulkan tekanan yang berlebih pada ban mobil anda dan berpotensi membahayakan.