Tips Merawat Ban Serep Mobil Toyota

21 Mei 2019 | Editor : Dimas

Ban serep atau ban cadangan berfungsi untuk mengganti ban mobil saat kempis atau bocor di tengah jalan. Gak kebayang kan kalau ban mobil Anda tiba-tiba perlu diganti, namun ternyata ban serep Anda kekurangan angin?
 
Oleh karena itu, perawatan ban serep tidak bisa diabaikan begitu saja. Jangan sampai saat Anda membutuhkan ban serep, ternyata ban serepnya juga tidak bisa digunakan. Namun, sebelum merawat ban serep, pastikan Anda sudah mengetahui letak ban serep di mobil.
 
Misalnya pada mobil Toyota segmen MPV, seperti Toyota Kijang Innova posisi ban serep berada di kolong mobil dan membutuhkan sedikit usaha untuk menurunkannya. Berbeda dengan MPV seperti Toyota Sienta, posisi ban serep berada di bawah dek bagasi sehingga mudah untuk diturunkan. Sama halnya dengan model hatchback dan sedan, seperti Toyota Yaris dan Vios.
 
Sementara itu, ukuran ban serep yang terletak dibawah mobil biasanya sama dengan ukuran ban standar (full size). Lain halnya dengan ban serep yang letaknya di bawah bagasi. Karena ukurannya lebih kecil dari ban normal. Hal ini bertujuan untuk menghemat ruang penyimpanan (space saver). Jenis ban ini dibatasi kecepatannya, maksimal hanya 60 km/jam dan hanya bisa dipakai sementara hingga ban mobil yang bocor sudah ditambal.
 
Berikut ada tips bagi Anda untuk memeriksa kondisi ban serep:

1. Isi Tekanan Angin
Walaupun ban serep sedang tidak digunakan, namun Anda harus tetap memeriksa dan mengisi tekanan angin pada ban. Karena pori-pori ban membuat udara dalam ban keluar secara perlahan hingga habis. Jadi isilah tekanan angin ban serep 5 Psi lebih tinggi dari rekomendasi, agar tidak banyak angin yang turun jika Anda lupa mengisinya.
 
2. Periksa Kondisi Ban
Selain tekanan angin ban serep, pastikan Anda juga melakukan pemeriksaan kondisi ban. Perhatikan apakah kondisi dinding ban dalam keadaan baik dan tidak ada kerusakan pada tapak ban. Ban serep full size sebaiknya ikut di rotasi untuk menjaga keausan seluruh ban agar tetap merata.
 
Untuk perawatan kendaraan yang lebih baik, Anda bisa membawa mobil ke bengkel resmi Kalla Toyota untuk melakukan servis berkala. Agar kondisi mobil Toyota kesayangan Anda tetap terjaga dengan baik dan berkendara pun jadi lebih nyaman.