Tips Membersihkan Plafon Mobil

11 April 2019 | Editor : Dimas

Saat membersihkan mobil biasanya bagian plafon atau langit-langit mobil terlewatkan, karena fokus orang-orang beralih untuk membersihkan bagian penting lainnya, seperti jok mobil, door trim, atau dashboard mobil. Inilah yang menjadi sebab kebersihan plafon mobil tidak selalu diperhatikan.
 
Jika pengemudi selalu membuka kaca jendela, maka risiko plafon mobil kotor semakin tinggi karena terkena asap dan debu. Selain debu, kotoran yang menempel pada mobil juga bisa disebabkan dari asap knalpot yang masuk melalui jendela. Apalagi jika pengemudi merupakan perokok yang biasa merokok didalam mobil. Hal ini dapat membuat plafon kotor dan menimbulkan aroma yang tidak sedap dikarenakan asap rokok yang menempel pada interior mobil.
 
Agar plafon mobil Toyota kesayangan Anda tetap bersih, sebaiknya rutin melakukan perawatan biasa minimal tiap 6 bulan sekali supaya kotoran-kotoran yang menempel hilang dan kualitas udara di dalam mobil dapat tetap terjaga kebersihannya. Bahan yang digunakan untuk melakukan perawatan biasa tidaklah sulit didapatkan di pasaran. Adapun peralatan yang digunakan antara lain sikat lembut, kain chamois, tisu, kain lap berbahan katun, dan cairan pembersih plafon. Setelah bahan-bahan tersebut tersedia, waktunya untuk membersihkan plafon dengan langkah-langkah berikut.
  1. Periksa terlebih dahulu bagian plafon lalu fokus untuk membersihkan kotoran-kotoran yang melekat pada plafon mobil.
  2. Semprotkan cairan pembersih plafon secara merata dipermukaan plafon.
  3. Sikat secara perlahan dan usahakan untuk tidak terlalu menekan, karena dapat merusak tekstur kain pada plafon.
  4. Gunakan kain chamonis yang lembab untuk mengangkat bagian kotoran dengan cara mengusapnya lalu dikeringkan.
  5. Bersihkan sela-sela permukaan plafon dengan menggunakan tisu, caranya ditepuk-tepuk agar kotoran mudah terangkat.
Karena posisi plafon mobil yang berada diatas membuat pemilik mobil kesulitan untuk membersihkannya. Sehingga alih-alih menjadi bersih, plafon mobil malah terlihat kotor dan warnanya menjadi kusam. Semoga dengan 5 langkah diatas Kallafriends dapat membersihkan plafon mobil dengan mudah.