Periksa 5 Bagian Ini Jika Tidak Ingin Mesin Mobil Mogok di Tengah Jalan

05 Juli 2019 | Editor : Dimas

Sebelum berkendara ada baiknya jika Anda melakukan pengecekkan mesin untuk memastikan mesin berada pada kondisi yang optimal. Anda tentu tidak menginginkan mobil mogok ditengah jalan saat sedang asyik- asyiknya berkendara.
 
Nah, dibawah ini ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengecek kondisi mesin mobil Toyota kesayangan, berikut ulasannya:


Periksa Aki

Pastikan aki mobil dalam kondisi yang baik, jika mobil Anda menggunakan jenis aki basah, maka pastikan air aki berada dilevel cukup. Bersihkan aki jika terdapat kotoran pada bagian kepala aki, serta pastikan lampu baik interior maupun eksterior dalam kondisi padam saat kendaraan di parkir


Cek Kondisi Oli Mesin

Periksa kondisi oli mesin dengan menarik stick oli, pastikan level oli dan kondisi oli apakah masih bagus atau tidak. Sebaiknya Anda rutin mengganti oli dan saringannya setiap 10.000 Km atau 6 bulan.


Cek Radiator

Pastikan air radiator berada dilevel maksimal dan gunakan hanya air radiator yang sesuai standar. Untuk mobil Toyota air radiator yang digunakan adalah Super Long Life Coolant.


Periksa Timing Belt

Cek kondisi timing belt, pastikan tidak terdapat retak untuk menghindari kerusakan mesin karena putusnya timing belt. Indikasi awal saat belt sudah aus akan muncul bunyi mendecit pada saat pertama kali dinyalakan.


Gunakan Cairan Pembersih Khusus

Saat melakukan pembersihan mesin, sebaiknya hanya menggunakan cairan pembersih khusus. Hindari menggunakan air biasa karna dapat menyebabkan karat dan mempengaruhi kinerja mesin jika air masuk ke tabung busi.
 
Jadi, sebelum berkendara jangan lupa untuk selalu memeriksa kondisi mesin terlebih dahulu. Jika terdapat bunyi abnormal di area ruang mesin, segera hubungi bengkel resmi terdekat untuk dilakukan pengecekan. Bengkel resmi Kalla Toyota tersebar di 23 cabang se-Sulsel, Sulteng, Sulbar, dan Sultra. Anda juga bisa melakukan booking service melalui Kalla Toyota Extra Care di kontak WhatsApp 0811-44-14030.