Penyebab Keluarnya Asap Hitam dari Knalpot Mobil

31 Mei 2019 | Editor : Dimas

Umumnya asap yang keluar dari mobil merupakan hal yang wajar. Karena knalpot berfungsi untuk mengeluarkan sisa pembakaran mesin dalam bentuk asap. Tapi bagaimana jika asap yang keluar dari knalpot berwarna hitam pekat?
 
Asap hitam yang keluar dari knalpot biasanya disebabkan oleh pembakaran mesin yang tidak sempurna, namun bisa juga terjadi karena faktor usia mobil yang sudah lama digunakan. Kondisi asap knalpot yang menghitam ini juga dapat membuat mobil menjadi boros bahan bakar.
 
Penyebab lainnya adalah bahan bakar yang berlebihan, pengaturan injektor yang tidak sesuai, hingga kerusakan pada PC Valve dapat memicu keluarnya asap berwarna hitam pekat dari knalpot mobil Toyota kesayangan.
 
Sebenarnya jika asap hitam keluar dari mobil diesel hal itu mungkin bukan masalah besar, lain halnya jika asap tersebut keluar dari mobil dengan bahan bakar bensin.
 
Jika knalpot mobil Anda mengeluarkan asap hitam, maka sebaiknya dibawa ke bengkel resmi Kalla Toyota untuk dicari tau penyebab utama keluarnya asap tersebut. Sehingga bisa segera ditangani secara menyeluruh oleh teknisi ahli Kalla Toyota. Bengkel resmi Kalla Toyota tersebar di 23 cabang se-Sulsel, Sulbar, Sulteng, dan Sultra.