Masuk Musim Hujan, Perhatikan Ini Supaya Kamu Bisa Berkendara Aman dan Terhindar Dari Kecelakaan

31 Oktober 2018 | Editor : Putri Atika

Saat ini sudah masuk bulan November. Walau belum merata, di beberapa wilayah sudah mulai turun hujan.


Saat hujan turun, kondisi mobil harus prima agar saat melewati hujan tidak mengalami masalah berarti, termasuk bila harus melewati jalan banjir.


Sangat berbahaya kalau mobil kamu tidak siap, seperti karet wiper sudah rusak sehingga tidak bisa membersihkan kaca depan secara optimal.


So, bagian mana saja dari mobil kamu yang harus diperiksa saat mau masuk musim hujan?


1. Karet Wiper


Karet wiper bagaikan pembersih mata kamu saat hujan. Kalau sampai bermasalah, maka kamu tidak bisa melihat dengan baik. Sangat berbahaya, terutama saat hujan deras. Cek kondisi karet wiper. Untuk mobil MPV seperti Avanza dan Sienta juga wajib mengecek wiper belakang.


Jika getas atau berubah bentuk, segera ganti yang baru. Pastikan menggunakan karet wiper asli Toyota.


2. Periksa air pembersih kaca.


Jangan sampai kosong karena akan menyulitkan saat kaca kotor. Supaya maksimal, kamu bisa mencampurnya dengan cairan pembersih kaca.


3. Cek kondisi ban mobil


Potensi celaka sangat besar bila ban mobil tidak dalam kondisi prima. Perhatikan tingkat keausan telapak ban dengan berpedoman pada Tire Wear Indicator (TWI) yang ada di alur ban mobil. Jika tingginya sudah sama dengan tinggi telapak ban, maka ban tersebut wajib diganti.


Cek pula apakah ban aus secara merata atau tidak. Tingkat keausan ban yang tidak merata menandakan ada masalah di kaki-kaki mobil.


Ban yang aus, baik seluruhnya ataupun tidak merata, menyulitkan pengemudi mengendalikan mobil saat hujan. Apalagi saat jalan mulai tergenang ringan dan kamu sedang melaju cukup kencang.


Gejala aquaplaning atau ban mobil kehilangan daya cengkeram ke jalan akibat adanya lapisan air di atas aspal bisa membuat mobil kamu tidak bisa dikendalikan dan tergelincir.


4. Cek kondisi rem mobil


Kondisi jalan yang licin membuat rem mobil akan bekerja lebih keras. Pastikan rem berfungsi dengan baik dengan memeriksa kampas rem dan mengisi tabung minyak rem sesuai takaran.


Paling enak kamu bisa melakukannya di bengkel resmi Kalla Toyota Sembari itu, kamu bisa melakukan spooring dan balancing.


5. Tidak terkait langsung dengan teknis kendaraan, tidak ada salahnya bila kamu mengecek polis asuransi mobil Toyota kesayangan. 


Ini sebagai langkah antisipasi ketika kamu harus berhadapan dengan banjir. Padahal banjir tidak masuk dalam perlindungan standar asuransi mobil.


Banjir masuk dalam klausul tambahan Act of God (AoG) dan merupakan perluasan perlindungan asuransi.