Kenali Manfaat Fitur HSA Pada Mobil Toyota

14 Maret 2019 | Editor : Dimas

Mobil-mobil terbaru keluaran Toyota saat ini sudah dilengkapi dengan berbagai fitur yang menyajikan hiburan, kenyamanan, dan keselamatan berkendara. Salah satu fitur keamanan yang tersedia pada hampir semua mobil Toyota bertransmisi otomatis adalah Hill Start Assist (HSA).


Sebenarnya fitur HSA sudah lama hadir, namun masih banyak pemilik mobil yang belum memahami kegunaan dari fitur ini sendiri. Bahkan ada beberapa pemilik mobil yang tidak menyadari bahwa mobilnya sudah mengusung teknologi ini.

Apa fungsi fitur HSA?

Saat sedang melintasi tanjakan, kebanyakan mobil berada pada posisi yang tidak stabil dan berpotensi merosot di jalanan. Sehingga jika mobil tidak dikendalikan dengan baik, maka mobil bisa mundur ke belakang dan menabrak mobil lain.

Kondisi ini tentu diharapkan tidak akan terjadi karena dapat menyebabkan bahaya. Disinilah peran penting fitur HSA diperlukan. Karena fitur ini mampu mencegah mobil mundur saat sedang mengemudi di tanjakan. Selain itu mobil yang telah dilengkapi teknologi ini mampu melakukan akselerasi awal di tanjakan dengan mulus. Sehingga roda tidak mengalami slip saat melakukan akselerasi awal.

Perlu Anda ketahui bahwa fitur ini sifatnya menahan hanya sesaat saja, yakni sekitar 5 detik untuk memindahkan kaki dari rem ke pedal gas. Hal ini bertujuan agar pengendara tidak panik dan terburu-buru menekan pedal gas. Jadi, fitur ini sangat berguna jika Anda berkendara melintasi area pegunungan dan jalanan berliku.

Beberapa mobil Toyota yang telah dilengkapi fitur ini antara lain Kijang Innova, Sienta, Rush, dan Yaris. Untuk memastikannya Anda bisa mengunjungi langsung dealer resmi Kalla Toyota yang tersebar di 23 cabang se-Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, dan Sulawesi Tengah.