Kapan Waktunya Mengganti Kampas Rem?

17 Pebruari 2019 | Editor : Dimas

Pemeriksaan terhadap kendaraan wajib dilakukan secara rutin oleh pemilik maupun penggunanya, meskipun kemampuan dibidang mekanik yang dimiliki sangat minim. Untuk kendaraan beroda empat sendiri, salah satu pemeriksaan yang sedikit sulit dilakukan adalah memeriksa kapan waktunya kampas rem untuk diganti.

 

Rem memiliki peranan yang sangat penting saat mengendarai mobil. Oleh karena itu kondisi rem harus selalu dalam kondisi prima demi keselamatan saat berkendara. Peranan yang cukup penting dalam sistem pengeraman adalah kampas rem. Kampas rem termasuk dalam kategori fast moving karena tugasnya yang berat, yakni menjepit piringan cakram atau tromol untuk memperlambat putaran ban.

 

Penggantian kampas rem secara rutin perlu dilakukan untuk menjaga performanya. Apabila terlambat dilakukan maka sistem pengereman berisiko mengalami kerusakan parah dan menyebabkan kecelakaan fatal. Biaya perbaikan yang harus dikeluarkan pun semakin mahal. Karenanya perlu diketahui kapan kampas rem mobil Toyota kesayangan Anda harus diganti, berikut adalah ciri-ciri untuk mengetahui kondisi kampas rem.

1. Rem bergetar

Ciri pertama yang dapat dirasakan saat kampas rem mobil Anda bermasalah adalah munculnya getaran saat pengereman, atau bahkan saat mobil berada di kecepatan tinggi. Getaran tersebut muncul karena kampas rem telah habis, sehingga saat rem diinjak, cakram tidak memiliki permukaan yang rata. Getaran ini juga memiliki beberapa tingkatan, saat getaran sudah mencapai setir mobil, itu berarti kampas rem mobil Anda sudah benar-benar habis dan harus segera diganti.

2. Bunyi saat pengereman

Ciri lainnya adalah munculnya bunyi decitan saat menginjak rem. Kampas rem yang sudah menipis hanya akan menyisakan besi di dalamnya, sehingga saat penginjakan rem, besi-besi tersebut akan langsung bergesekan dan menimbulkan bunyi berdecit. Semakin menipis kampas rem (bahkan habis), maka bunyi decitan kampas rem akan semakin kencang. Oleh karena itu jika saat berkendara terdengar bunyi-bunyi aneh segera periksa kendaraan Anda.

3. Injak pedal rem terlalu dalam

Hal terakhir yang dapat mengindikasikan bahwa kampas rem mobil telah habis adalah kedalaman rem. Kedalaman rem yang dimaksud yaitu, kondisi saat melakukan pengereman. Anda harus menginjak amat dalam agar rem bekerja. Hal tersebut tak boleh diabaikan, karena itu menandakan bahwa kampas rem mobil sudah menipis.

Ada baiknya jika pengguna setia mobil Toyota selalu melakukan servis berkala untuk menghindari masalah saat berkendara. Bengkel resmi Kalla Toyota tersebar di 23 cabang se-Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Tenggara. Ayo, ke bengkel resmi Kalla Toyota dan lakukan servis berkala mobil Toyota kesayangan Anda.