Immobilizer Sistem Keamanan Mencegah Pencurian Mobil

29 April 2019 | Editor : Dimas

Semua mobil Toyota saat ini sudah menggunakan sistem keamanan immobilizer. Tapi taukah Anda, immobilizer bukanlah alarm mobil yang biasa mengeluarkan bunyi-bunyian nyaring dan bising di telinga saat pintu mobil dibuka secara paksa ataupun bergoyang saat disentuh dalam keadaan diam.
 
Untuk mengetahui apakah mobil Anda memiliki fitur immobilizer, bisa dilihat dari panel instrument mobil. Jika terdapat logo kunci, itu berarti mobil Anda sudah memiliki fitur tersebut.
 
Immobilizer adalah sistem keamanan elektronik pada kendaraan yang berfungsi mencegah mesin menyala, kecuali dengan menggunakan kunci asli atau kode khusus yang telah dipasang untuk mobil tersebut.
 
Untuk dapat berfungsi dengan baik, immobilizer membutuhkan IMOES unit dan ECM (Engine Control Modul) atau PCAM (Powertrain Control Modul). Cara kerjanya dimulai sejak kunci dimasukkan dalam ignition switch dan diputar ke posisi ON. Immobilizer Control Unit Receiver kemudian mengirimkan sinyal ke transponder yang terpasang pada anak kunci. Lalu melalui immobilizer control unit receiver, sinyal yang berisi kode khusus dikirim kembali untuk disalurkan ke ECM atau PCM.
 
Jadi, kunci yang berbeda tidak dapat membalas sinyal kepada ECM atau PCM. Sehingga pencuri harus pasrah karena kesulitan untuk mencuri mobil yang memiliki fitur immobilizer. Selain itu, sistem pembakaran dan aliran listrik ke mesin tidak akan menyala karena terhubung dengan ECU (Engine Control Unit), meskipun fitur elektronik lainnya (klakson dan lampu) dapat berfungsi dengan baik.
 
Pada tahun 2016 sebuah penelitian oleh jurnal ekonomi mengemukakan hasil penelitiannya, dimana fitur immobilizer berhasil menurunkan angka pencurian mobil sebanyak 40% dari tahun 1995 hingga 2008.
 
Meskipun mobil Kallafriends telah memiliki immobilizer, namun tetap harus berhati-hati agar kunci mobil tidak rusak apalagi jika sampai hilang. Karena harga kunci baru yang memiliki sistem immobilizer tidaklah murah, karena Anda harus membelinya sepaket dengan modul komputernya.