Hari Palang Merah Sedunia: What do You #Love about Red Cross and Red Crescent

08 Mei 2019 | Editor : Dimas

Hari Palang Merah Sedunia yang jatuh pada tanggal 8 Mei diambil berdasarkan tanggal lahir Bapak Palang Merah, Jean Henri Dunant. Henri Dunant merupakan seorang pengusaha asal Swiss yang juga aktif di bidang sosial. Dari beliaulah muncul gagasan untuk dibentuknya International Committee of the Red Cross (ICRC) pada tahun 1863 dan pada tahun 1901 Henri Dunant berhasil meraih nobel perdamaian karena gagasan terebut.
 
Melansir media.ifrc.org melalui siaran persnya, setiap tahun gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional selalu mendukung jutaan orang di seluruh dunia saat berada di masa konflik, mengalami bencana alam, dan krisis. Dengan memanfaatkan lebih dari 150 tahun aksi kemanusiaan, Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional berkomitmen untuk menyediakan layanan kemanusiaan yang relevan bagi masyarakat, sesuai dengan 7 prinsip dasar Palang Merah, yakni Kemanusiaan, Kesamaan, Kenetralan, Kemandirian, Kesukarelaan, Kesatuan, dan Kesemestaan.
 
Memperingati Hari Palang Merah Sedunia 2019, IFRC mengangkat tema #Love untuk memperluas jangkauannya secara global dan membantu masyarakat yang paling sulit dijangkau, tanpa meninggalkan siapapun dibelakang.
 
Di tahun 2019 ini IFRC memiliki tujuan untuk memperluas pemahaman publik mengenai Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional dengan menyoroti beragam pekerjaan yang dilakukan dan pendekatan secara universal melalui suatu kampanye sederhana bertajuk: "What do you #love about Red Cross and Red Crescent".
 
Kampanye tersebut juga merupakan bentuk penghargaan terhadap dedikasi dari Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional, serta para relawan dan staf yang selalu berupaya menyediakan beragam layanan yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat setempat guna menangani dan membantu orang-orang untuk pulih dari krisis atau bencana alam yang mereka alami tanpa diskriminasi apapun.
 
Saat ini Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional memiliki jaringan global dan independen yang terdiri dari sekitar 11,6 juta sukarelawan aktif dan 450.000 staf yang mengambil bagian dalam tugas kemanusiaan di lebih dari 190 negara,
 
Selamat Hari Palang Merah Internasional, Siamo Tutti Fratelli.