Hari Kesehatan Sedunia : Universal Health Coverage

07 April 2019 | Editor : Dimas

Kesehatan merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan yang harus dijaga. Karena saat Anda sakit, tentu Anda akan mengalami kesulitan melakukan aktivitas sehari-hari. Saat ini ilmu medis semakin maju, peralatan kesehatan dan teknik pengobatan pun semakin moderen. Selain itu, banyak program kesehatan, khususnya yang dibuat bagi kalangan masyarakat yang kurang mampu agar bisa mendapatkan pengobatan dan fasilitas kesehatan.

 

Organisasi kesehatan dunia, World Health Organization (WHO) menetapkan tanggal 7 April sebagai Hari Kesehatan Sedunia. Tujuan ditetapkannya Hari Kesehatan Sedunia adalah untuk mengingatkan semua pihak agar senantiasa meningkatkan kualitas kesehatan. Sayangnya hingga saat ini masih ada masyarakat yang belum mendapatkan pelayanan kesehatan yang layak. Inilah sebabnya WHO memfokuskan untuk mencakup lingkup kesehatan yang universal untuk Hari Kesehatan Sedunia tahun ini.


 

Mengusung tema “Universal Health Coverage : Everyone, Everywhere” yang berarti kesehatan untuk semua orang kapan pun dan dimana pun mereka membutuhkan akses pelayanan kesehatan tanpa kesulitan keuangan. Karena kesehatan merupakan hak asasi manusia, sehingga setiap orang berhak mendapatkan informasi dan pelayanan kesehatan bagi diri mereka sendiri dan keluarga mereka.


 

Perawatan kesehatan primer atau Primary Health Care (PHC) dibentuk berdasarkan UHC, agar seluruh lapisan masyarakat dapat mengakses informasi dan layanan kesehatan yang berkualitas. PHC mencakup semua kebutuhan kesehatan masyarakat mulai dari konsultasi kesehatan, vaksinasi, cara mencegah penyakit, uji saring, keluarga berencana, layanan rehabilitasi, serta perawatan jangka panjang dan jangka pendek.


 

Memperingati Hari Kesehatan Sedunia 2019, mari bersama-sama mewujudkan layanan kesehatan yang adil bagi semua orang. Mulai dari langkah kecil, seperti turut mengambil bagian dalam kampanye kesehatan UHC agar pelayanan PHC dapat diakses semua orang. Sehingga tidak ada seorang pun yang tidak lagi mendapatkan pelayanan kesehatan yang tidak layak.